Festival Kalimas, Cara Surabaya Gali Potensi Wisata Sungai

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini
Sumber :
  • MZ Abidin/ VIVA (Surabaya)

VIVA.co.id - Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, terus menelurkan terobosan baru untuk memoles Surabaya agar lebih menarik. Kali ini, di momen Hari Jadi Kota Surabaya ke-722, pihaknya akan menggelar Festival Kalimas.

Aplikasi Antibegal Bikinan Mahasiswa ITS

Dalam festival yang akan digelar malam hari itu, seribu lampion siap menghiasi sungai Kalimas yang membelah Surabaya. Kalimas sendiri memiliki panjang 19 kilometer. Tidak hanya itu, puluhan kapal dengan lampu warna-warni siap memanjakan warga kota Surabaya.

Risma mengatakan, dalam Festival Kalimas pada 11-12 Mei nanti, juga akan digelar lomba perahu dayung yang pesertanya mengenakan beragam pakaian unik, yang akan lalu lalang sepanjang sungai Kalimas.

"Di venue pinggiran sungai, ada live music, ada band anak-anak ada band orang dewasa. Ada juga orkestra. Lagu yang dinyanyikan lagu-lagunya kenangan," jelas Risma di ruang kerjanya, Selasa 5 Mei 2015.

Untuk kenyamanan pengunjung, pihaknya akan menutup sepanjang jalan sekitar Kalimas. Dia sengaja memaksimalkan potensi wisata sungai Kalimas karena menurutnya, selama ini pemerintah kurang menggali potensi sungai itu.

Siswa SD Menangis Agar Risma Tak Jadi Calon Gubernur Jakarta

"Kalimas itu sudah cantik. Kita coba potensi lain, maka kita garap. Supaya nanti ke depan jadi even tahunan yang ditunggu masyarakat. Biar bisa mendatangkan wisatawan. Saya pikirkan setiap Agustus nanti ada Festival Kalimas,” katanya.

Untuk festival kali ini, pihaknya belum bisa menghadirkan kapal-kapal besar layaknya di luar negeri. Sebab, jembatan di Kalimas mayoritas rendah. “Jembatannya tidak memungkinkan, rendah-rendah dan kecil-kecil. Apalagi semua merupakan cagar budaya (heritage), jadi sayang kalau ditinggikan atau diubah,” katanya.

Dalam even itu, nantinya warga bisa menikmati keindahan lampion-lampion dengan naik perahu. “Bagus kalau malam. Perahunya ada lampionnya juga. Nanti sungai Kalimas terang benderang di tepinya ada lampu hias. Warga bisa naik perahu tapi terbatas,” katanya.

Festival Kalimas merupakan salah satu rangkaian acara memperingati Hari Jadi ke-722 yang digelar sejak awal Mei lalu. Selain itu juga ada Festival mainan khas Surabaya, Surabaya Health Season, Parade Bunga, dan Surabaya Shopping Festival.

Selain itu juga ada parade budaya dan pawai bunga, dan Festival Rujak Uleg, Festival Kuliner Tunjungan dan Surabaya Great Expo.

"Semua rangkaian acara diharapkan menarik wisatawan untuk berkunjung ke Surabaya sebagai agenda wisata tahunan," kata Risma.

Calon Haji Ini Kesal Sambal Petisnya Disita
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini alias Risma.

Risma: Jerman Sumbang Rp1,5 Triliun untuk Bangun Trem

Sisanya, akan minta anggaran dari APBN.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016