Efek Buruk Gadget bagi Hubungan Antar Manusia

pasangan bertengkar
Sumber :
  • istockphoto
VIVA.co.id
Menyikapi Anak yang Kecanduan Gadget
- Dunia yang canggih dengan beragam inovasi gadget canggih, membuat hubungan manusia ternyata makin berjarak.

FOTO: Manusia yang 'Lupa Daratan' karena Gadget

Bahkan, seringkali ditemui dalam sebuah keluarga atau hubungan, walaupun sudah berada dalam suasana bersama, namun tetap saja, komunikasi sering tak berjalan mulus.
Studi: Ponsel Dapat Perburuk Stres dan Merusak Asmara


Kebanyakan dari mereka, para anggota keluarga, atau pun pasangan kekasih, juga pasangan suami istri sibuk sendiri dengan gadget mereka. Ada yang asyik bermain jejaring sosial ataupun berkirim pesan lewat SMS.

Bahkan, dalam kehidupan sehari-hari masih banyak yang menggunakan waktunya 24 jam sehari, bersanding dengan gadget, hanya karena tak ingin mengecewakan temannya.


Berbagai gadget dan alat elektronik boleh jadi memudahkan pekerjaan dan menunjang karier Anda.


Namun, hati-hati jika alat elektronik ini sudah mulai memengaruhi kedekatan hubungan keluarga, baik dengan anak maupun pasangan. Singkirkan gadget Anda atau apa pun yang membuat Anda tak terhubung langsung dengan pasangan dan anggota keluarga.


Untuk itu, agar terhindar dari bahaya gadget, berikut Anda perlu tahu, efek buruk teknologi yang dapat merusak hubungan dilansir
Boldsky.


Kesalahpahaman


Ketika Anda mengirim pesan teks tentunya sangat berbeda dengan mengirim surat. Maksud sebenarnya dan makna yang jauh dari surat-surat yang dicetak sering dapat menyebabkan kesalahpahaman.


Setiap orang memiliki cara yang berbeda saat membaca pesan dan mungkin saja memunculkan makna berbeda. Selain itu, jika Anda memasukkan tanda baca, bisa saja menyebabkan kesalahpahaman besar. Ini adalah bagaimana teknologi menghancurkan hubungan.


Dunia Virtual


Teknologi menghancurkan hubungan ketika Anda berbagi ruang di dunia maya.


Hubungan virtual tidak memiliki hidup di dalamnya dan bahkan jika tinggal di bawah atap yang sama, Anda tidak akan hidup bersama. Hubungan virtual menyebabkan efek buruk pada interaksi manusia dalam berhubungan.


Tidak Ada Waktu Bersama


Kehadiran smartphone, televisi, laptop, atau tablet bisa saja menciptakan jarak antara Anda dan keluarga, juga pasangan. Tidak ada waktu yang dihabiskan bersama pasangan. Hidup Anda sepanjang waktu hanya dikhususkan untuk gadget tersebut.


Pasangan duduk dalam satu sofa, tapi sibuk pada gadget mereka sendiri. Waktu yang dihabiskan akan sangat jauh, karena teknologi dan efek buruknya yang menyebabkan hal itu.


Hidup seperti Orang Asing

Pasangan yang tinggal pada satu rumah, mereka seringkali justru menghabiskan waktu secara individu. Ini, lantaran gadget yang menjadikan mereka asing satu sama lain.


Sering Berdebat


Mengirim pesan elektronik telah menjadi salah satu cara yang disukai dalam komunikasi. Saat SMS, emosi tidak akan datang di depan, tapi akan menimbulkan sedikit perubahan persepsi dan dapat memicu argumen. Hal ini membuat orang yang emosi mengetik pesan secara tidak sadar dan segera mengirimnya.


Selain itu, saat terbawa emosi, kita tidak akan menyadari apa yang diketik dan baru sadar setelah mengirimnya. Hal ini dapat menjadi penyebab penyesalan di kemudian hari. Alih-alih adanya teknologi ingin membawa lebih dekat malah menyebabkan pertengkaran. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya