Benarkah Tubuh Gemuk Buat Otak Susut?

ilustrasi otak
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
Lion Air Buka Suara soal 2 Pegawainya Ditangkap Kasus Penyelundupan Narkoba
- Banyak yang paham bahwa orang yang memiliki tubuh gemuk dapat mengundang risiko penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, diabetes, hingga obesitas yang semuanya bisa berujung kematian. Untuk itu, pola hidup sehat adalah solusi yang paling tepat untuk menghindarinya.

Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental

Selain berdampak buruk pada kesehatan organ secara keseluruhan, memiliki bobot tubuh berlebih, juga bisa membuat otak mengecil. Bagaimana bisa? Dokter Tri Aria Wibowo dari laman
Ajak Pacar Temui Keluarga di Momen Lebaran, Wika Salim Bakal Nikah Tahun Ini?
Meetdoctor bersedia menjelaskannya.


Menurut Aria, lemak berlebih dalam tubuh, ternyata bisa menyusutkan volume otak. Hal ini, dikemukakan sebuah studi jangka panjang di awal era 60-an yang menyatakan bahwa hippocampus, atau otak bagian terpenting dapat menyusut hampir dua persen per tahun, terhadap orang yang mengalami obesitas tingkat lanjut. "Ini bahaya, setingkat dengan gejala yang terlihat pada alzheimer," ujar Aria.


Hippocampus adalah bagian yang sangat penting untuk proses memori seseorang. Ketika seseorang memiliki bobot tubuh sangat gemuk, hippocampusnya tidak berfugsi baik, karena penyusutan yang terjadi.


"Penyusutan ini kurang lebih dapat mengurangi volume otak hingga setengahnya," ungkap Aria. Untuk itu, segera ubah gaya hidup Anda dan pertahankan berat badan normal, agar tubuh terlindung dari bermacam gangguan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya