Lima Makanan Ampuh Penyembuh Radang

Ilustrasi tomat
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Airlangga: Kader Golkar Siap Ditempatkan di Legislatif maupun Eksekutif
- Radang atau peradangan, adalah gejala pemicu yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya pada tubuh. Penyakit yang bisa dipicu oleh gejala radang yang terjadi di antaranya stroke, kanker, obesitas, gangguan jantung, Alzheimer, hingga depresi.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

Untuk itu, sebelum memikirkan obat penyembuh untuk penyakit ganas tersebut, yang harus dipikirkan terlebih dahulu ialah bagaimana meredakan gejala peradangan tersebut.
Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout


Lalu, apa saja makanan yang bisa menjadi senjata penyembuh radang? Ini informasinya menurut Huffington Post.


Salmon


Menyembuhkan peradangan bisa dilakukan dengan menggunakan daging salmon. Karena ikan salmon mengandung EPA dan DHA, satuan omega 3 yang baik untuk mengurangi peradangan.


Selain itu, kandungan baiknya juga bisa meningkatkan fungsi otak anak Anda, yang sedang berada dalam masa pertumbuhan. Selain salmon, ikan lain seperti tuna, makarel, dan kod, juga bisa menjadi sumber nutrisi yang baik untuk menyembuhkan radang.


Bayam


Salah satu senjata ampuh penyembuh radang, juga bisa diperoleh dari kandungan vitamin K yang terdapat dalam beberapa sayuran berdaun hijau seperti bayam.


Selain vitamin K, bayam juga membawa asam omega 3 sebanyak 10 persen, seperti yang Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan. Beberapa sayuran dengan kegunaan sejenis, juga bisa didapatkan untuk mencukupi gizi yang dibutuhkan tubuh.


Tahu


Makanan yang satu ini, bisa dibilang merupakan makanan yang khas dan akrab dengan lidah masyarakat Indonesia. Selain mudah ditemukan, tahu merupakan makanan yang bisa diolah menjadi banyak jenis makanan. Walau harganya murah, tapi jangan salah kaprah, gizi yang dibawa oleh tahu, mampu memerangi peradangan yang terjadi dalam tubuh, lho. Jadi, mencegah penyakit tidak perlu pakai makanan mahal, bukan?


Tomat


Jangan hanya tertarik pada warnanya yang indah dipandang mata saja, tapi tertariklah untuk mengetahui kebaikan dari buah asam manis segar ini. Karena, salah satu kandungan dalam tomat, yakni lycopene, mampu berperan sebagai antioksidan pelawan radang.


Tomat bisa dikonsumsi selagi mentah, dan bisa juga dijadikan jus segar yang dapat dicampur dengan sayuran berwarna lain, yang semakin menambah manfaatnya bagi tubuh.


Bawang putih


Bau yang menyengat dan rasa yang begitu tajam, mungkin akan membuat Anda menjauhi bahan makanan ini. Namun, bila mengetahui manfaat baik dari bawang putih, Anda mungkin akan berbalik menyukainya. Kandungan cytokyne, yang terdapat dalam bawang putih, adalah senjata ampuh yang bisa melawan peradangan dalam tubuh. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya