Empat Alasan Sauna Menyehatkan Jantung

Ilustrasi alat atau monitor detak jantung
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Lelah karena aktivitas harian dan ingin mengembalikan ketenangan? Sauna bisa jadi salah satu solusinya. Benefit dari melakukan sauna, tidak hanya sekadar sebagai penghilang stres, namun juga sebagai senjata menjaga kesehatan jantung.

Pioli Beber Kesulitan yang Dialami AC Milan saat Kalah dari Torino

Berikut alasan mengapa sauna dapat menyehatkan jantung menurut laman Everyday Health:

Baik untuk jantung


Sauna, adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk yang ingin merasakan rilaksasi di tengah kesibukan padat. Selain menghilangkan stres, ia juga bermanfaat, bagi kesehatan jantung.

Dengan relaksasi, aliran darah lebih lancar, salah satunya bagi aliran darah ke jantung. Hal ini tentunya akan membuat jantung berfungsi dan bekerja baik.

Sehat dalam bersosialisasi

Sauna lebih seru bila dilakukan bersama teman. Hal ini, membuat koneksi Anda dengan orang lebih terbangun. Selain menambah teman, bersosialisasi dengan orang banyak juga bisa membuat jantung lebih sehat dan hidup lebih lama.

Menstimulasi detak jantung

Menikmati suasana panas dan nyaman di dalam ruangan sauna, terbukti dapat menstimulasi denyut jantung, hingga 100 kali per menit. Tentunya ini baik, karena denyut yang semakin banyak, tanda dari jantung yang berfungsi baik. Dengan demikian, jantung akan lebih sehat, dan Anda terhindar dari gejala penyakit kardiovaskuler.

Menurunkan tekanan darah

Sama seperti beberapa jenis olahraga, sauna juga bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu, aliran darah bisa lebih lancar karena hawa panas sauna dapat melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah. Tekanan darah yang terkendali, tentunya dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan membuat hidup lebih lama, dengan risiko penyakit jantung yang mematikan.

BMKG Mulai Persiapkan Ekspedisi Investigasi Fenomena Kegempaan Zona Megatrust di RI
Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati

Kemenhub Buka Suara soal Pesawat Latih Jatuh di Kawasan BSD

Sebuah pesawat latih dikabarkan jatuh di Jalan Boulevard BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, pada Minggu siang, 19 Mei 2024, tepatnya di pinggir Lapangan Sunburst.

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2024