Mengenang Didi Petet, dari Peran Emon Sampai Preman Pensiun

Ketua Dewan Juri IMA 2011 Didi Petet (tengah)
Sumber :
  • Antara/ Teresia May
VIVA.co.id
Raih Piala di IMA, Chicco Jerikho Ingat Almarhum Didi Petet
- Didi Widiatmoko alias Didi Petet, hari ini, Jumat 15 Mei 2015, meninggal dunia di usia 58 tahun. Ia dikabarkan meninggal pukul 05.30 WIB.

5 Hal yang Bisa Kita Teladani dari Sosok Didi Petet

Didi Petet menghembuskan napas terakhir di kediamannya di bilangan Ciputat, Tangerang Selatan, setelah mengeluh sesak napas.
Deddy Mizwar: Didi Petet Kelelahan


Selama hidupnya, Didi dikenal sebagai aktor senior. Banyak film peraih penghargaan pernah ia perankan. Tak hanya film, Didi juga aktif di dunia teater.

Salah satu film yang paling terkenal, bahkan tak akan bisa dilupakan adalah film
Catatan Si Boy.
Film ini dirilis pada tahun 1987 dan disutradarai oleh Nasri Cheppy. Tak hanya diperankan oleh Didi, film ini juga dibintangi oleh deretan aktor dan aktris ternama di zaman itu mulai dari Onky Alexander hingga Meriam Bellina.


Saking populernya, film ini menghasilkan empat sekuel pada tahun 1988, 1989, 1990, 1991 dan 2011.


Saat memerankan film itu, karakter Didi Petet sebagai Emon sangat menonjol. Maklum, peran yang ia mainkan sebagai banci. Sebagai Emon, Didi bahkan memiliki ciri khas yang selalu melekat dalam dirinya. Ya, saat Emon menyapa Boy --peran utama yang dimainkan Onky Alexander-- dengan sapaan "Mas Boy", gaya bicara Didi dan penampilannya sangat khas.


Kesuksesannya memerankan karakter Emon di film ini, membuat namanya melambung di pentas hiburan Tanah Air. Dan berkat film itu pula, Didi berhasil menyabet penghargaan sebagai Aktor Terpuji Festival Film Bandung (FFB) 1988.


Semasa hidupnya, pria kelahiran 12 Juli 1956 ini pun sukses memerankan karakter dalam 51 film layar lebar.


Preman Pensiun

Bahkan, di dunia sinetron, Didi juga sering ikut dilibatkan oleh sejumlah rumah produksi. Dan yang terakhir, ia beperan sebagai tokoh utama Kang Bahar dalam sinetron Preman Pensiun.


Peran Didi di senetron ini sangat berbanding terbalik dengan perannya yang ia mainkan dalam Catatan Si Boy sebagai Emon. Di Preman Pensiun, sebagai Bahar, perannya di sinetron ini juga sangat menonjol.


Dia adalah seorang pemimpin kelompok preman yang menguasai sebuah kawasan yang meliputi pasar, terminal, dan jalanan. Setelah kematian istrinya, ia menyatakan pensiun menjadi preman.


Sinetron "Preman Pensiun"  ditayangkan RCTI setiap hari Senin - Sabtu pukul 17.00 WIB. Sekuel pertama dari sinetron ini pun telah rampung. Namun, lantaran sinetron ini sangat digemari masyarakat, sinetron ini pun kembali diproduksi lewat sekuel II Preman Pensiun.


Didi belakangan juga masih aktif menjalanai syuting sekuel kedua Preman Pensiun. Menurut Eppy Kusnandar, ia sempat bertemu Didi Petet di lokasi syuting.


Saat itu, aktor bernama asli Didi Widiatmoko ini tak banyak bicara. "Pas datang dia enggak bisa langsung syuting. Kata beliau, 'tunggu saya masih enggak enak badan'," kata Eppy saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat 15 Mei 2015.


Setelah itu, diungkapkan Eppy, keesokan harinya, aktor tersebut memaksakan untuk syuting. "Kita enggak tahu Kalau Mas Didi sakit parah. Selama syuting dia enggak perlihatkan kalau lagi sakit," ujar Eppy lagi.


Namun, diakui Eppy, saat sedang istirahat syuting, Didi Petet sempat membisikkan sesuatu ke Eppy dengan Bahasa Sunda. Saat itu, Didi Petet mengatakan dirinya sedang sakit. "Cuma saya kira sakit biasa. Saya merasa salah karena enggak menemani beliau," ujarnya  terisak. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya