Wanita, Ini Tujuh Tanda Anda Belum Siap Menikah

Ilustrasi pasangan menikah
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Beberapa orang menganggap pernikahan adalah sesuatu yang menakutkan. Sebab, pernikahan membutuhkan keseriusan dan tidak bisa main-main.

Pacaran Itu Jauh Lebih Rumit Dibanding Menikah

Hal ini tentunya membuat tidak sedikit dari Anda membutuhkan waktu lama untuk mengatakan 'Ya' ketika dilamar. Berikut adalah tanda-tanda Anda belum siap untuk menikah, seperti dilansir dari laman Magforwoman. 

Masih memikirkan mantan
5 Pasangan Artis Ini Berani Nikah Muda dan Awet Hingga Kini

Hal ini merupakan indikasi yang jelas bahwa Anda belum siap menikah. Bahkan, ini bukan waktu yang tepat bagi Anda untuk berkencan, apalagi menikah. Beri diri sendiri waktu untuk menyelesaikan perasaan yang tertinggal di masa lalu. Setelah itu, Anda akan menjadi lebih kuat dan lebih bijaksana untuk masuk ke hubungan yang baru.
Sepuluh Alasan Menikah di Usia Muda

Belum siap menjadi orangtua

Seseorang yang sudah menikah harus siap, baik secara fisik maupun mental untuk memiliki anak dan berada dalam posisi untuk menjaganya. Bila Anda memiliki anak dan tidak siap untuk itu, tentu hal ini dapat merusak hubungan dengan pasangan.

Tidak bisa setia

Kepercayaan adalah bagian yang sangat penting dari pernikahan. Apa pun bisa diampuni, tapi tidak untuk masalah perselingkuhan. Melanggar kepercayaan seseorang adalah hal terburuk yang Anda lakukan untuk pasangan, terutama setelah menikah. Bila Anda masih ingin bermain-main, berganti-ganti pasangan, berselingkuh, maka jelas Anda belum siap untuk menikah.

Tidak bersemangat dengan ikatan perkawinan

Pesta pernikahan berlangsung hanya untuk beberapa waktu, sementara ikatan perkawinan akan berlangsung seumur hidup. Oleh karena itu, perlu bagi Anda untuk berpikir tentang ikatan perkawinan yang akan dijalani seumur hidup daripada tentang pesta pernikahan. 

Seringkali wanita merasa terobsesi tentang ide pesta pernikahan yang mereka impikan. Setelah semua perayaan berakhir, mereka baru menyadari bahwa ikatan perkawinan baru saja dimulai.

Anda tidak merasakan cinta lagi

Bila Anda tidak yakin bahwa Anda mencintai si dia, lalu bagaimana bisa berpikir bahwa Anda dapat bersama dengannya selama sisa hidup? Menikah dengan orang yang tidak Anda cintai, bukan hanya membuat tidak bahagia dalam jangka panjang, tetapi juga tidak akan pernah bisa membuatnya bahagia. Sebaliknya, menikahlah dengan orang yang benar-benar Anda cintai.

Masalah finansial

Pernikahan bukan hanya tentang dua orang yang hidup bersama untuk menghabiskan seluruh hidup mereka satu sama lain. Ini adalah tanggung jawab yang besar. Jika Anda stabil secara finansial, hari pernikahan Anda akan menjadi sebuah perayaan bahagia. Tapi jika tidak, itu hanya akan menguras keuangan yang besar. Juga biaya akan meningkat setelah Anda menikah.

Kurang mengenal

Anda tidak bisa menilai seseorang dengan cukup baik hanya ketika Anda beberapa kali bertemu. Memahami seseorang membutuhkan waktu. Dan menikah dengan orang yang belum terlalu Anda kenal, bisa menjadi masalah di kemudian hari.

Jika Anda berpikir dia adalah lelaki itu, kenapa harus terburu-buru? Tunggu beberapa waktu, mengenalnya secara lebih, nikmati fase kencan Anda dengan dia dan setelah Anda selesai dengan semua ini, Anda akan lebih siap untuk menikah.

Hari di mana Anda akan menikah haruslah menjadi hari terbaik dalam hidup Anda. Dan untuk mendapatkannya, Anda harus merasa siap secara fisik, mental dan emosional. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya