Budaya dan Produk Indonesia Disambut Antusias di Meksiko

Gamelan Indonesia di FCA 2015, Mexico City.
Sumber :
  • KBRI Mexico City
VIVA.co.id
Lima Menteri Belgia Sambangi RI, Perkuat Kerjasama
- Kedutaan Besar Republik Indonesia di  Mexico City, kembali berpartisipasi pada festival budaya atau Feria de las Culturas Amigas (FCA) 2015, yang diselenggarakan di Zocalo Capitalino, pada 14-24 Mei 2015.

Sepuluh Budaya Indonesia yang Mendunia

Disebut dalam pernyataan resmi KBRI, Indonesia sudah berpartisipasi pada enam FCA sebelumnya. Namun untuk tahun ini disebut akan lebih meriah, menyertakan kesenian dari berbagai daerah di Indonesia.
Menenun Mimpi di Bawah Ilalang


Wayang golek, topeng Cepot dan patung kayu khas Bali, turut dipamerkan di pagar yang mengelilingi taman terbesar, di jantung ibukota Meksiko, Bosque de Chapultepec.


Gamelan Bali yang dipertunjukkan tim kesenian KBRI Mexico City, pada 15 Mei lalu di panggung utama FCA 2015, disebut memperoleh sambutan meriah dari ribuan penonton, yang antusias dengan berbagai kesenian Indonesia.


Selain Gamelan Bali, KBRI Mexico City juga mempertunjukkan kesenian Tari Yapong, Tari Merak, Tari Tor Tor Tandok, Tari Lenggang Nyai, serta Tari Siutte Manis.


Tidak kurang dari 300.000 pengunjung memadati Zocalo Capitalino. Mereka tidak hanya menyukai pertunjukkan budaya, tapi juga membeli aneka produk kerajinan dari Indonesia.


Beberapa produk yang disukai adalah pakaian batik, ukiran kayu, ulos, tas dan sepatu tenun. Untuk FCA 2015, KBRI bekerjasama dengan ITPC (Indonesian Trade Promotion Center), menggandeng beberapa produsen Indonesia.


FCA merupakan festival budaya internasional, yang digelar rutin oleh pemerintah kota Mexico City sejak 2009. Tidak kurang dari 94 perwakilan negara asing berpartisipasi pada FCA 2015.


Gubernur Mexico City, Mancera, optimis total pengunjung FCA 2015 akan mencapai 2,5 juta orang, sebelum ditutup pada 24 Mei mendatang. Pada 2014 lalu, pengunjung FCA tercatat mencapai 2,3 juta orang.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya