Saat Kurang Tidur, Bolehkah Berolahraga?

Ilustrasi lari atau berlari
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Memiliki kegiatan olahraga yang rutin, terbukti dapat memberi banyak manfaat bagi tubuh, yakni menjaga kesehatan dan mencegah datangnya penyakit.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Namun, olahraga membutuhkan kecukupan energi dalam tubuh. Lalu, bagaimana jika kita sedang kurang istirahat? Apakah masih boleh melakukan olahraga?

Menurut dokter Nina Amelia, dari laman Meetdoctor.com, olahraga sebenarnya tetap diperbolehkan, meskipun Anda sedang kurang beristirahat. Namun, menurut Nina, semuanya bergantung pada intensitas dan jenis olahraga yang dipilih.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

"Olahraga tetap membutuhkan energi yang sesuai, dengan ringan atau beratnya kegiatan tersebut," ungkap Nina. "Olahraga berintensitas ringan lebih dianjurkan saat Anda merasa kurang fit atau kurang istirahat. Lalu, pastikan kebutuhan nutrisi dan cairan tubuh Anda terpenuhi."

Jenis olahraga ringan yang dimaksud bisa meliputi jalan santai, bersepeda, atau renang. Yang terpenting, adalah untuk selalu melakukan pemanasan.

Jajaki Potensi Blok Migas Internasional, Pertamina Gandeng ENI

"Jangan lupa pemanasan sebelum berolahraga, dan pendinginan sesudahnya, agar tidak cedera," katanya. Namun, jika Anda merasa pusing atau makin lemas, alangkah baiknya segera beristirahat dan tidak memaksakan diri. (art)

Ilustrasi olahraga/push up.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Pemanasan adalah serangkaian latihan ringan yang dilakukan sebelum berolahraga utama. Aktivitas ini membantu menyiapkan tubuh secara fisik dan mental untuk aktivitas yang

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024