Fenomena Gurun Pasir Putih di Negeri Paman Sam

Gurun Pasir Putih di New Mexico, Amerika Serikat
Sumber :
  • Flickr/Alexic

VIVA.co.id - Apa yang Anda bayangkan saat mendengar kata gurun pasir? Pastinya, tumpukan pasir halus berwarna cokelat dengan panas matahari yang membakar. Namun, tidak demikian halnya dengan Missile Range White Sands di Alamogordo, New Mexico, Amerika Serikat. 

Ketika Mal Tua Disulap Jadi Apartemen Mungil

Di daerah tersebut, terdapat daerah berpasir putih nan halus. Pasirnya pun tidak terbentuk dari butiran kuarsa seperti padang pasir pada umumnya, melainkan endapan kristal gipsum. 

Dilansir Amusing Planet, gipsum merupakan salah satu senyawa mineral yang paling umum ditemukan di bumi, tetapi jarang ditemukan dalam bentuk pasir, karena mudah larut dalam air. 

Cerita Persiapan Shaggydog Tampil di Amerika

Gipsum sering ditemukan dalam mata air panas atau geyser, danau dan air laut, dan dapat menjadi endapan partikel ketika air menguap. Seperti itulah tepatnya bagaimana bukit-bukit pasir gipsum di White Sands terbentuk.

White Sands dikelilingi oleh Sacramento dan pegunungan San Andres. Sekitar 100 juta tahun yang lalu, air hujan meleleh dari pegunungan dan melarutkan gipsum dari batuan sedimen yang menuruni pegunungan di dekat Danau Lucero sehingga membentuk cekungan yang kemudian terisi pasir. 

Mengintip Kastil Es Menakjubkan Karya Brent Christensen

White Sands memiliki luas area lebih dari 700 kilometer persegi dengan bukit-bukit pasir mencapai setinggi 15 meter. 

Tempat ini adalah bidang gundukan gipsum terbesar di dunia. Bukit pasir ini terus berubah karena digerakkan oleh angin yang terus bertiup sepanjang tahun.

Tidak seperti gurun pasir lainnya, kristal gipsum tidak menyerap panas dari sinar matahari karena pasir itu sangat dingin saat disentuh. Tempat ini sangat tepat dilalui dengan kaki telanjang bahkan saat musim panas.

Tertarik berkunjung?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya