Asuransi Tubuh Seleb, Demi Sehat atau Sensasi

Julia perez
Sumber :
  • Twitter Julia Perez

VIVA.co.id - Tubuh sehat, berlekuk bak gitar spanyol, tanpa noda, dan keriput, memiliki nilai paripurna di mata kaum hawa. Sementara untuk kaum adam, ramping dan berotot dianggap prima. Anggapan ini mendarah daging, khususnya, di kalangan selebritas yang notabene menganggap tubuh sebagai aset.

Mereka rela merogoh kocek dalam-dalam demi menjaga 'asetnya' itu, terutama bagian yang dianggap seksi. Bahkan di antara mereka tidak ragu mengasuransikan bagian tubuh favoritnya dengan harga fantastis.

Alasannya simpel, jika bagian tubuh yang diasuransikan mengalami celaka, mereka bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan terbaik.

Asuransi bagian tubuh memang belum lazim dilakukan kalangan selebritas Indonesia, namun fenomena ini sudah lama dilakoni artis-artis luar negeri. Tak hanya artis Hollywood, artis berwajah oriental seperti Korea dan Jepang pun banyak yang menginvestasikan uang mereka di meja asuransi.

Sebut saja penyanyi seksi Jennifer Lopez. Artis yang mendapat julukan J-Lo ini mengasuransikan bokong seksinya seharga US$27 juta atau setara Rp261,8 miliar. Masih di Hollywood, penyanyi yang juga bintang film Dolly Parton mengasuransikan payudaranya yang berukuran fantastis senilai Rp36,8 miliar. Angka ini hanya untuk satu payudara. Total ia mengeluarkan Rp73,6 miliar untuk bagian tubuh paling berharganya itu.

Selain dua artis mancanegara itu, supermodel seksi asal Jerman, Heidi Klum, juga tak mau ketinggalan turut mengasuransikan kaki jenjangnya senilai Rp21,3 miliar. Namun dari semua artis terkenal dunia ini, penyanyi Mariah Carey memecahkan rekor pembayaran premi asuransi terbesar. Untuk kaki jerapahnya yang sempurna, ia merogoh kocek US$1 miliar atau senilai Rp9,7 triliun.

Tidak mau ketinggalan dengan pesohor dunia, artis-artis Indonesia pun kini keranjingan mengasuransikan bagian tubuhnya. Mereka mulai sadar 'aset' berharganya harus dilindungi. Siapa saja mereka?

Julia Perez

Adalah Julia Perez, artis yang pertama terang-terangan mengaku telah mengasuransikan beberapa bagian tubuhnya. Sejak tujuh tahun silam, Jupe --sapaan Julia Perez-- mengeluarkan uang miliaran rupiah untuk payudara dan bokongnya. Kala itu, Jupe masih menetap di Paris, Perancis.

Begitu pentingnya kedua 'harta' itu, sampai sekarang asuransi itu masih terus dijalankan Jupe. Jupe mengakui, salah satu alasan ia membayar premi asuransi untuk menjaga agar payudara dan bagian bokongnya tetap terlihat menarik dipandang mata.

"Gue
mulai mengasuransikan (payudara dan bokong) waktu masih di Perancis dulu. Belum ada di Indonesia asuransi yang seperti itu," kata Jupe ketika dihubungi VIVA.co.id, Selasa 19 Mei 2015. Jupe memilih asuransi termahal karena masa berlakunya seumur hidup.

Pemain film 'Gending Sriwijaya' itu memang enggan menyebut jumlah nominal uang yang telah dikeluarkannya. Tapi Jupe menyebutkan, biaya asuransi yang harus dibayarkannya kala itu sampai miliaran rupiah.

Cerita Pamela soal Perceraian Ovi 'Duo Serigala'

"Saat itu masih mampu bayar. Saya enggak akan bilang nominalnya. Habis miliaran rupiah-lah pokoknya. Tetapi saya anggap wajar karena (payudara dan bokong) ini sangat berharga," kata Jupe.

Jupe lalu menjelaskan, mengasuransikan payudara dan bokong sebenarnya bagian dari menjaga kesehatan. Hanya saja di Indonesia, asuransi yang dijual masih sebatas asuransi jiwa dan kesehatan secara keseluruhan, belum per bagian tubuh. Padahal Singapura sebagai negara terdekat sudah melengkapi industri asuransinya dengan asuransi yang lebih detil, seperti payudara dan bokong.

Selain asuransi, Jupe yang mengklaim sebagai selebritas pertama Indonesia yang mengasuransikan payudara dan bokong, sementara yang lainnya hanya 'follower', juga menjaga keindahan payudara dan bokongnya dengan berolahraga dan makan asupan sehat.

"Bekerja di dunia hiburan itu kan enggak tentu ya istirahatnya. Jadi harus diatur sebaik mungkin. Kita juga harus menjaga gaya hidup," ucap Jupe yang belum berniat mengasuransikan bagian tubuh lainnya.

Mantan pacar pesepakbola Gaston Castano dan Diego Michiels ini bahkan melakukan beberapa perawatan khusus agar payudara dan bokongnya tetap kencang. "Perawatannya enggak sembarangan. Ada proses pemijatan-pemijatan khusus," ujarnya.

Sayangnya, meski keindahan tubuhnya terjaga, kesehatan Jupe sempat menurun. Beberapa waktu lalu, Jupe divonis menderita kanker mulut rahim. Meski sudah dinyatakan sembuh dan selalu tampak ceria, selebritas berusia 34 tahun itu masih harus sering check up kesehatannya.

Selanjutnya... Syahrini




Syahrini


Kini Jupe tidak sendirian, penyanyi sensasional, Syahrini, belakangan mengaku telah mengasuransikan semua anggota tubuhnya, dari ujung rambut hingga kaki.

"Semua jiwa dan raga, sudah aku asuransiin, biar hidupku ini tenang," kata Syahrini ketika ditemui di ajang SCTV Music Awards 2015, 6 Mei lalu. Apa saja bagian tubuh yang diasuransikan, tak dijelaskan Syahrini. Mantan pasangan duet Anang Hermansyah ini menyatakan, asuransi dipilihnya karena ia menghargai pemberian Tuhan.

Wanita cantik asli Bogor, Jawa Barat ini menepis asuransi bagian tubuh yang dilakukannya hanya untuk gaya-gayaan semata. "Aku mengasuransikan jiwa dan ragaku karena pekerjaanku," kata Syahrini yang menolak bicara dana yang telah dikeluarkan untuk membayar asuransi itu.

Dari informasi yang didapat, salah satu bagian tubuh yang telah diasuransikan Syahrini adalah bokongnya. Tetapi Syahrini menolak menanggapi.

"Ada deh. Itu bagian privasiku," kata Syahrini dengan gaya khasnya.

Duo Serigala

Deretan artis lokal yang mengasuransikan bagian tubuhnya kini makin panjang. Para personel grup dangdut Duo Serigala, Pamela Safitri dan Ovi Sovianti, juga berencana mengasuransikan payudaranya ke sebuah perusahaan asuransi. Grup yang dikenal dengan goyang dadanya itu menyebut angka Rp1,9 miliar.

"Sekarang sedang diurus label," kata Pamela ketika ditemui usai syuting di sebuah stasiun televisi di Jalan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, 4 Mei lalu. Saat ini Duo Serigala bernaung dibawah label Pelangi Record.

Pamela menuturkan, biaya asuransi payudara memang tidak murah. Apalagi payudara, diakui Pamela, merupakan modal mereka untuk bekerja. Sampai saat ini Pamela dan Ovi tinggal menunggu hasil proses pengurusan asuransi itu.

Ia yakin prosesnya akan segera rampung mengingat ia tidak pernah neko-neko dengan asetnya itu.

Konsumsi Tomat Rahasia Langsing Duo Serigala

"Asli semua ini, dan belum ada yang dioperasi," ucap Pamela. Meski sempat bingung melihat payudaranya yang berukuran plus, Pamela dan Ovi yang populer melantunkan 'Abang Goda' ini memanfaatkan kelebihan itu dengan hal positif.

"Goyangan kami memang enggak kontroversi. Postur kami (payudara) saja yang terlalu offside, tapi ini anugerah," tambah Ovi.

Bagaimana nasib asuransi payudara kedua penyanyi ini, sang manajer, Didiet, mengatakan saat ini manajemen sedang mencari tahu teknis mengasuransikan organ penting itu, termasuk lembaga yang bisa dipercaya.

"Asuransi (payudara) itu penting untuk kesehatan perempuan," kata Didiet beralasan. Di Indonesia, lanjutnya, memang belum ada lembaga kesehatan yang spesifik mengurusi soal asuransi payudara.

Dari sejumlah literatur yang didapatnya, Didiet menyatakan, asuransi payudara bisa mencapai Rp 1,9 miliar. Selain mencari referensi di dalam negeri, Didiet juga akan mencari tahu teknis asuransi bagian tubuh.

"Alhamdulillah, 17 Agustus besok, Duo Serigala mendapat tawaran  manggung di Hongkong dan Korea. Mereka kan belum pernah ke luar negeri, jadi sekalian kita searching untuk asuransi payudara yang terbaik," ucapnya.

Dikatakan Didiet, perihal biaya yang tak sedikit itu pihak manajemen sudah mempertimbangkan dengan matang. Manajemen akan memberikan yang terbaik untuk artisnya.

Chelsea Islan


Meski masih belia, pemain film dan model Chelsea Islan ternyata sudah berpikir jauh ke depan. Tak hanya di tabung, hasil jerih payahnya juga dipakai untuk mendanai asuransi salah satu bagian tubuh terpenting. Kata dia, mengasuransikan tubuh adalah hal yang baik.

Ditemui belum lama ini, Chelsea tak menjelaskan detail mengenai asuransi yang dipilihnya itu. Tapi dara cantik kelahiran Washington DC, Amerika Serikat, 2 Juni 1995 ini menyatakan pilihannya mengasuransikan tubuh menjadi bagian perawatan kesehatan.

Apalagi, kesibukannya sebagai selebritas hampir tidak pernah ada waktu luang untuk beristirahat. "Seringnya bekerja di lokasi syuting dan berjam-jam membuat saya sering lupa pada kesehatan tubuh. Makanya, asuransi itu sangat penting," ucap Chelsea.

Dara yang belum lama dikejutkan munculnya foto-foto toples-nya ke media sosial ini tidak mau menyebutkan berapa banyak uang yang dirogoh dari koceknya.

Yang pasti, pemain film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar, Dibalik 98 dan Guru Bangsa: Tjokroaminoto itu tidak mengasuransikan payudara atau bokong. Di luar dugaan, Chelsea mengasuransikan kepalanya. Kepala jadi obyek asuransi Chelsea karena organ paling vital.

"Ada otak di situ (kepala), jadi sangat perlu saya asuransikan, ini adalah aset berharga saya," kata Chelsea.

Selanjutnya... Cari Sensasi




Cari Sensasi


Pakar asuransi, Kapler Marpaung, mengakui Indonesia memang belum memiliki undang-undang yang mengatur asuransi khusus untuk bagian tubuh tertentu.

Namun, Kapler yang juga mengajar di Universitas Gadjah Mada menilai tidak ada masalah jika publik figur mau mengasuransikan tubuhnya.

Usai Lebaran, Berat Badan Duo Serigala Turun Drastis

"Sah-sah saja kalau seseorang, khususnya publik figur ingin mengasuransikan bagian tubuhnya. Tapi tidak semua orang bisa, hanya kalangan tertentu saja," ujarnya.

Misalnya, orang yang memiliki skill khusus seperti pesepakbola. Ia mencontohkan bintang Portugal, Christiano Ronaldo. "Misal dia asuransikan kaki yang merupakan aset pesepakbola. Jika kakinya rusak maka dia dapat jaminan. Atau misal penyanyi, kalau pita suaranya rusak maka itu yang akan di-cover," ujarnya.

Hanya saja, Kapler menuturkan, asuransi seperti ini sudah lama populer di luar negeri. "Kalau di negara kita sepertinya belum lama. Seperti Jupe kemarin kan dia asuransikan bagian tubuh yang punya nilai yang dipandang orang menarik," ujarnya.

Soal premi, Kapler memastikan, premi yang dikeluarkan pemain bola bisa lebih mahal dari penyanyi. "Ini bukan persen lagi, bisa permil. Bisa dilihat dari risiko profesinya. Risiko pemain bola lebih besar dari penyanyi, maka pemain bola lebih mahal. Kalau semakin terkenal semakin tinggi juga premi yang dibayar," ujarnya.

Lalu bagaimana pendapat psikolog soal fenomena artis yang mengasuransikan bagian tubuh mereka?

Psikolog Efnie Indranie angkat bicara perihal tren di kalangan artis ini.  Menurutnya, tren asuransi bagian tubuh di kalangan artis semata-mata untuk meningkatkan sensasi dan popularitas saja.

"Jadi biasanya memang asuransi berpikir untuk kesehatan jiwa dan fisik. Namun untuk orang-orang tertentu mereka yang banyak uang dan kerja di ranah hiburan menganggap asuransi untuk meninggikan status sosial," ujarnya.

Kebanyakan artis berpikir asuransi bagian tubuh lantaran asetnya itu adalah sumber penghasilan selama berkarier di industri hiburan.

"Dengan alasan jika suatu terjadi hal yang tidak diinginkan pada aset mereka, maka mereka akan mendapat penanganan dari pihak asuransi dan proteksi untuk hidup layak pun akan mereka dapatkan kelak," ujarnya.

Namun apa yang dilakukan artis-artis dengan mengeluarkan banyak uang demi mengamankan bagian tubuhnya, dianggap hal yang lumrah.

"Dilihat sih pantas-pantas saja, asal jangan membuat asuransi khusus itu untuk ajang show off saja di hadapan masyarakat luas," ujar Efnie. (umi)

Julia Perez

Demo 4 November, Jupe: Kerukunan Indonesia Dipantau

"Saya harap demonya aman dan tenteram."

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016