Wajib Tahu, Enam Penyebab Bau Mulut

Ilustrasi wanita terkejut atau bau mulut
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya bau mulut. Namun, ketika hal tersebut terjadi terus-menerus mampu memberikan beberapa efek yang tidak menyenangkan.

Empat Bahan Alami ini Bisa Seketika Hilangkan Bau Mulut

Lama kelamaan lawan bicara Anda pun akan menyadari hal tersebut. Jangan sampai banyak orang menjauhi Anda hanya karena masalah sepele yang sebenarnya bisa diatasi.

Bau napas yang buruk bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari gigi yang tidak sehat hingga infeksi sinus atau alergi. Oleh karena itu, simak beberapa penyebab bau mulut yang patut Anda perhatikan seperti dilansir dari Woman's Day berikut ini.
Bahan Alami untuk Bersihkan Lidah Putih

Gigi tidak terawat
Minuman Ini Hilangkan Bau Mulut Sekaligus Bau Badan

Kesehatan gigi yang buruk adalah salah satu penyebab utama bau mulut. Sisa-sisa makanan yang menempel di gigi akan membuat bakteri berkembang biak. Bakteri menghasilkan senyawa sulfur yang terkenal dengan aroma yang tidak sedap.

Kurang konsumsi air putih

Dehidrasi bisa membuat Anda menghasilkan terlalu sedikit air liur. Perlu diketahui bahwa air liur berfungsi menyapu bersih bakteri di mulut dan menjaga sel-sel tetap sehat. Ketika kurang minum, sel-sel di mulut akan mati dan menyebabkan bau yang kurang sedap.

Dehidrasi karena alergi

Orang yang menderita alergi dan sedang kambuh biasanya tidak bisa bernapas melalui hidung. Oleh karena itu mereka menggunakan mulut untuk bernafas yang membuat mulut menjadi kering. Tentu saja mulut yang kering mampu menyebabkan bau yang tidak sedap.

Makanan 

Beberapa makanan dengan aroma kuat juga bisa menyebabkan bau mulut seperti bawang putih dan susu. Dalam hal ini, produk olahan susu seperti mentega, keju dan yogurt akan mengentalkan lendir di tenggorokan yang berakibat pada bau mulut yang kurang sedap. Begitu juga dengan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi karena mampu memromosikan bakteri akibat tingginya gula.

Infeksi sinus atau amandel

Infeksi sinus atau amandel juga dapat menyebabkan seseorang memiliki nafas yang kurang segar. Pengobatan terbaik adalah dengan berkumur air garam karena kandungan garam yang tinggi mampu membunuh bakteri. 

Kanker

Dalam kasus yang sangat langka, bau mulut dapat menjadi salah satu dari tanda penyakit kanker hidung, telinga, leher, atau tenggorokan. Itu karena beberapa jenis kanker tadi membuat tubuh kekurangan lendir yag membuat nafas beraroma tidak sedap.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya