Eksotisme Danau Tondano di Sulawesi Utara

Danau Tondano
Sumber :
  • Tumblr / Keloy
VIVA.co.id
Maumere Siap Jadi Panggung Wisata Nasional dan Dunia
- Keindahan Danau Tondano memang memesona, itulah sebabnya mengapa danau ini menjadi tujuan wisata terkenal di Sulawesi Utara.

5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda

Danau ini berada 600 meter di atas permukaan laut, dan meliputi area seluas 4.278 hektare. Ia terletak di desa Remboken, sekitar 3 kilometer dari kota Tomohon, atau 30 kilometer dari Manado.
Ini Alasan Bali Sibuk Gencarkan Desa Wisata


Dilansir dari laman
Danau Tondano dikelilingi pegunungan setinggi 700 meter, yaitu Gunung Lembena,  Kaweng, Tampusu dan Masarang. Danau ini mencakup tiga kecamatan, Eris, Kakas dan Remboken. Uniknya, dari sisi danau, Anda dapat melihat dengan jelas keindahan Gunung Kaweng.


Danau Tondano memiliki daya tarik wisata Sumaru Endo Remboken dan Resor Wisata Bukit Pinus. Dari sisi danau di Toliang Oki dan Tondano Pante, Anda dapat melihat laut Maluku yang indah, sekaligus menjadi surga alam tersembunyi, di luar bukit Lembean. Biaya Masuk ke objek wisata ini Rp4.000.


Sejak 2003 daerah ini dikelola swasta. Saat ini, tempat wisata ini disebut Sumaru Endo, dan memiliki berbagai fasilitas seperti bungalow, kolam renang dan restoran.
Hiking
di sekitar danau juga menyenangkan dengan ditemani udara sejuk.


Di tengah danau ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Likri. Sayangnya, Anda tidak dapat berhenti di pulau ini karena perahu mengikuti rute yang berbeda. Selain itu, Anda juga dapat melihat masyarakat setempat menangkap ikan Nike menggunakan jaring yang menyerupai sendok dengan tongkat bambu di kedua sisinya.


Selain itu para pengunjung bisa menikmati kuliner yang dijajakan penduduk lokal. Seperti ikan Nike kecil yang dibuat menjadi bakso ikan, atau waku-waku bolanga, yakni sejenis ikan bakar.




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya