Empat Langkah Ampuh Cegah Hepatitis C

Ilustrasi hepatitis
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Kerugian Besar Akibat Hepatitis
- Melindungi organ hati, bisa menjadi sangat penting untuk dilakukan, mengingat fungsinya bagi kesehatan. Salah satu penyakit yang bisa mengancam organ hati adalah penyakit Hepatitis C.

Imunisasi, Usaha Paling Ampuh Cegah Hepatitis

Lalu, bagaimana cara mencegah penyakit ini? Simak ulasannya, menurut laman
Dua Hal Ini Bisa Perburuk Penyakit Hepatitis
Everyday Health , berikut ini.


Jauhi alkohol

Anda yang gemar mengonsumsi alkohol, sebaiknya Anda segera ubah kebiasaan tersebut. Bahaya kebiasaan ini bisa menyerang kesehatan organ hati Anda. Konsumsi alkohol dalam jangka panjang, dapat merusak organ hati dan memicu munculnya penyakit lain seperti radang pada kandung empedu.


Konsumsi kopi

Jika alkohol harus dijauhi, berbeda dengan minuman yang satu ini, yang justru harus selalu ada. Sebab, sebuah penelitian berhasil membuktikan bahwa mengonsumsi kopi dapat menekan risiko perkembangan kerusakan hati, hingga 50 persen. Untuk itu, sebaknya selalu sertakan kopi dalam menu makanan Anda, tetapi jangan terlalu manis, karena bisa berbahaya bagi tubuh.


Setia pada pasangan

Hepatitis C, adalah penyakit menular, yang bisa ditularkan melalui hubungan seks. Anda yang melakukan seks dengan satu orang saja, akan terhindar dari risiko penyakit ini. Sedangkan yang sering berganti pasangan seks, dapat menambah risiko penyakitnya sebanyak dua kali lipat.


Jangan lalai

Hal terpenting, yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit hepatitis C ini, adalah dengan selalu memberikan tubuh Anda ke rumah sakit, atau klinik terdekat. Dengan pemeriksaan rutin, gejala penyakit akan lebih mudah dan dini terdeteksi, yang akan membuat penanganannya lebih baik, tentunya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya