Ketahui Empat Gangguan pada Perut

Ilustrasi wanita sakit perut
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Hati-hati, Makanan Ini Bisa Picu Flu Perut
- Gangguan perut, adalah hal yang paling menyebalkan, karena bisa mengganggu kegiatan harian. Bukan hanya sekadar gangguan pencernaan, gangguan pada perut ini bisa saja membahayakan tubuh.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Apa saja gangguan tersebut? Berikut ulasannya seperti dilansir dari
Terpopuler: Tentang Nafkah Anak Laki-laki yang Sudah Baliqh sampai Masalah Obat Kuat
Times of India :


Reflaks (asam lambung)

Gangguan perut yang satu ini, adalah yang cukup sering terjadi pada sekitar 40-60 persen manusia, setidaknya satu kali dalam hidupnya. Gangguan ini bisa disebabkan oleh adanya luka dan peradangan pada daerah lambung. Gangguan ini bisa disebabkan beberapa makanan tertentu, seperti bawang, kopi, dan minuman beralkohol. Efeknya, akan menimbulkan rasa mual dan begah pada penderita.


Diare

Gangguan lambung ini juga bisa jadi membahayakan bila dianggap sepele. Diare terjadi karena virus, maupun bakteri yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Diare akan mengakibatkan pergerakan tak wajar dalam perut, yang membuat feses lebih encer dan intensitas BAB meningkat. Minumlah cairan gula garam bila perlu, untuk meredakan gejalanya yang menyiksa.


Konstipasi

Berkebalikan dengan diare, gangguan yang satu ini, akan membuat Anda sulit membuang kotoran di dalam perut. Konstipasi ditandai rasa sakit dan tak nyaman dalam perut. Gangguan ini, sering terjadi pada bayi, yang akan menyebabkan terganggunya tumbuh kembang. Jika terjadi, konsumsilah banyak serat dan air, agar gejalanya hilang.


Gastritis

Yang satu ini, mungkin belum banyak terdengar di telinga Anda. Namun bahayanya tetap tak bisa diabaikan. Gastritis dapat terjadi karena adanya peradangan pada saluran perut, yang bisa disebabkan oleh konsumsi kopi, teh, dan makanan pedas yang berlebihan. Gejalanya akan semakin parah, bila Anda juga aktif mengonsumsi rokok dan alkohol.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya