Kiat Mengatasi Luka Bakar Akibat Terpapar Matahari

Ilustrasi pasangan liburan
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Parasit Hidup di Tubuh Remaja Pria Ini
- Banyak orang bertanya pada dokter saat sedang berkonsultasi kulit, bagaimana cara mengobati atau menghilangkan luka bakar akibat sengatan sinar matahari.

Tujuh Makanan 'Busuk' yang Menyehatkan

Dokter Tri Aria Wibowo dari Meetdoctor menjelaskan, untuk luka bakar derajat 1 pada kulit biasanya dapat sembuh secara spontan dalam 3 atau 4 hari, tanpa jaringan parut dan komplikasi. Namun ia menyarankan kita untuk tetap menjaga kulit agar terus dalam keadaan lembap.
Cara Menghentikan Luka Berdarah dalam 15 Detik


“Gunakanlah pelembap kulit dan tabir surya serta hindari paparan bahan-bahan yang bersifat mengeringkan kulit dan iritatif seperti detergen dan alkohol,” ujarnya.


Ia terangkan, pada luka bakar akibat berjemur atau terpapar sinar matahari, luka bakar biasanya terjadi hanya di bagian atas kulit dan mengenai epidermis (derajat 1). Hal ini ditandai dengan kulit kemerahan dan sedikit nyeri tanpa lepuhan (bulae).

 

Luka bakar memang banyak membuat orang cemas. Namun prioritas tetap pada tindakan penyelamatan hidup dan fungsi bagian tubuh yang terkena luka bakar.


“Untuk bekas luka, tergantung juga dari derajat kemerahan dan penanganan yang tepat. Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah plastik untuk penanganan luka yang lebih baik,” katanya. 


Jangan lupa ikuti program #dokterVIVA setiap hari Rabu pukul 10.00 WIB di Twitter @VIVAlife



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya