Ini Rahasia di Balik Kenikmatan Cokelat Belgia

Ilustrasi cokelat
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Kasus Mirip 'Tragedi Siyono' Juga Terjadi di Banyak Negara
- Bicara mengenai cokelat, jelas buatan Belgia yang paling populer di seluruh dunia. Cokelat Belgia bahkan sering dianggap sebagai cokelat premium dengan kualitas tinggi yang kemudian membuatnya disebut cokelat terbaik. Hal itu diungkap seorang baker dan chocolatier, Odie Djamil.

Belgia Ungkap Pengakuan Sebenarnya Pelaku Bom Brussels

Menurut dia, bagi masyarakat Belgia, cokelat adalah sebuah gengsi. Cokelat bukan hanya makanan, tapi dianggap layaknya seni yang menjadi kebanggaan negara.
Kucing Menolak Dipindahkan dari Tempat Pembuangannya


"Kalau bicara cokelat Belgia, mereka punya standar sendiri dari maslaah penanaman, pemilihan lahan, kondisi biji, hingga roastingnya. Cokelat Belgia juga dibuat menggunakan 100 persen lemak, yang dihasilkan dari biji cokelat yang dinamakan cocoa butter," jelas Odie beberapa waktu lalu.


Karena tidak ditambahkan lemak lain, cokelat Belgia pun terkenal sebagai cokelat murni yang ringan dan lembut. Itu juga karena proses fermentasi, roasting, dan pengolahan yang sempurna.


Ditambahkan, cokelat yang harganya cenderung lebih murah biasanya dibuat menggunakan lemak sintetis, atau lemak nabati lainnya. Wajar, karena yang membuat harga cokelat mahal sebenarnya adalah cocoa butternya.


Cara membuat cocoa butter dengan menghancurkan biji cokelat yang telah diroasting atau dipanggang. Lalu kemudian dipress menggunakan alat hingga minyaknya keluar. Itulah yang dinamakan cocoa butter.


"Saat dihancurkan kan ada residunya yang berwarna hitam, itu yang kemudian dijadikan cocoa powder yang digunakan untuk membuat minuman hot chocolate," jelas Odie.


Untuk membuat dark chocolate, cocoa butter dan cocoa powdernya kembali disatukan. Kalau ditambah susu jadi cokelat susu. Nah, untuk membuat white chocolate yang digunakan cocoa butternya saja.


Selain dijadikan bahan pembuat cokelat, cocoa butter juga sering digunakan sebagai bahan pembuat alat-alat kosmetik seperti lipstik dan sebagainya. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya