Yoghurt, Kunci Kesehatan Organ Intim Wanita

Ilustrasi yoghurt
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id -
Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade
Dewasa ini yogurt kian populer dinikmati sebagai camilan atau hidangan pencuci mulut. Banyak orang yang memasukkan produk olahan susu fermentasi ini ke dalam menu diet sehat mereka terutama para wanita yang tengah berusaha untuk menurunkan berat badan.

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak

Menurut  dr. Karin Wiradatama, Ahli Kesehatan dari
Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Aman Bagi Tubuh
Klikdokter.com , yogurt membantu menjaga kesehatan pencernaan sehingga mampu mencegah diare dan konstipasi. Selain itu yogurt juga rendah kalori dan kolesterol sehingga cocok disantap saat menjalani program penurunan badan.


"Kalau buang air lancar maka metabolisme juga menjadi lancar dan otomatis kita jadi lebih cepat langsing," ujar Karin kepada
VIVA.co.id
saat ditemui beberapa waktu lalu.


Tapi ternyata tidak hanya itu manfaat yogurt yang penting bagi para kaum hawa. Banyak wanita yang belum tahu bahwa yogurt juga bermanfaat bagi kesehatan area intim.


Menurut dia, di area intim wanita terdapat bakteri yang dinamakan Lactobacillus yang memroduksi asam laktik dan menjaga agar pH vagina tetap terjaga di sekitar 4,5 atau keasaman yang sama pada jus tomat.


"Bakteri ini adalah penghuni tetap area intim wanita. Ketika terjadi ketidakseimbangan bakteri tersebut maka wanita bisa mengalami keputihan dan berbagai masalah lain seperti gatal-gatal, keluarnya cairan berlebih hingga bau yang tidak sedap," ucap Karin.


Lebih lanjut Karin menjelaskan bahwa yogurt mengandung bakteri yang bermanfaat untuk menyeimbangan pH area intim wanita sehingga mereka terbebas dari masalah-masalah tadi.


Lalu yogurt dalam bentuk apa yang terbaik untuk dikonsumsi?


Dalam hal ini, Karin mengatakan apa pun jenisnya baik itu cair atau beku, yogurt memiliki manfaat yang sama. Namun, alangkah lebih baik untuk menyantap yogurt plain atau tanpa rasa karena kandungan gulanya lebih sedikit.


"Memang ada kalanya orang mau yogurt yang ada rasanya yang bisa membuat lebih happy dan lebih ada pleasure. Sebenarnya tidak apa-apa karena pada dasarnya yogurt itu rendah kalori dan tidak mengandung lemak," kata Karin. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya