Pilih Wadah Plastik Aman Untuk Bekal Si Kecil

VIVAnews - Agar buah hati tak jajan sembarang di sekolah, tentu Anda membawakan bekal untuknya. Tapi, tahukah Anda, tak semua wadah plastik tempat bekal si kecil tak semuanya aman?

”Penggunaan wadah makanan secara tidak berhati-hati dapat membahayakan kesehatan anak yang dampaknya baru dirasakan di masa depan,” ujar Dr. Yadi Haryadi, ahli pangan dari Institut Pertanian Bogor pada talkshow bertajuk ’Plastik sebagai Wadah yang Ramah bagi Kesehatan dan Lingkungan’,

Bila wadah yang digunakan tidak aman, makanan yang dibawa pun bisa menjadi berbahaya bagi kesehatan. Misalnya bila makanan dibawa dalam wadah plastik yang  kualitasnya buruk, makanan tersebut sangat mungkin tercemari oleh bahan-bahan kimia yang terkandung dalam plastik kemasannya.
 
Hati-hati membungkus makanan dalam kantong plastik hitam. Bila plastik itu bersentuhan langsung dengan makanan, itu dapat menyebabkan racun berpindah ke makanan.

Yadi menekankan bahwa para orangtua harus sadar bahwa tidak semua plastik aman. “Ada plastik yang aman dan ada plastik yang tidak aman sebagai tempat makanan,” ujarnya.

Orangtua juga sebaiknya tidak tergiur dengan harga murah, karena ini menyangkut kesehatan keluarga, terutama anak-anak. “Pilihlah wadah yang sudah terbukti aman digunakan masyarakat di seluruh dunia. “Belilah yang asli bukan tiruannya. Jika perlu belilah dari perwakilan atau dealer resmi,” papar Ir. Wawas Swathatafrijiah,  Kepala Balai Sentra Teknologi Polimer dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Selain itu, yang perlu Anda tahu adalah jangan tergiur dengan harga murah, tetapi memelihara risiko bagi kesehatan dan keselamatan keluarga (kesehataan anak-anak di masa depan). Dan, Bila ada instruksi penggunaan wadah, ikuti instruksi tersebut secara konsisten.

Jenis plastik yang aman, antara lain poliyethylene terepthalate (PET), high density polyethylene (HDPE), low density polyethylene (HDPE), dan polypropylene (PP).

Yang perlu Anda perhatikan pada wadah plastik terdapat logo, seperti:
- FOOD SAFE atau FOOD GRADE  - Ada logo gambar gelas dan garpu atau tulisan FOOD GRADE,
- Terdapat  tulisan APPROVED BY FDA,
- Merupakan merek dagang yang dipatenkan

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024