Enam Makanan Penyebab Bau Badan

steak daging merah
Sumber :
  • istockphoto

VIVA.co.id - Pernah kah Anda bertanya mengapa seseorang memiliki bau badan yang tidak sedap? Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut. Mulai dari bakteri di kulit, zat kimia dalam keringat, pakaian yang tidak dicuci dan lain-lain.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Namun, ternyata makanan yang dikonsumsi juga membuat bau badan. Untuk itu simak beberapa makanan yang bisa menciptakan bau badan seperti yang dilansir dari Food World News berikut ini:

 1. Kopi

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas

Kopi adalah minuman alami yang mampu meningkatkan energi. Namun ternyata kopi juga mampu membuat Anda berkeringat. Minuman ini merupakan diuretik yang dapat membuat mulut kering dan mempercepat pertumbuhan bakteri di dalam, sehingga pada akhirnya menyebabkan mulut dan tubuh berbau kurang sedap.

2. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji bisa dibilang merupakan makanan yang paling sering menyebabkan bau badan. Makanan ini umumnya sulit dicerna tubuh, sehingga untuk mencerna seluruhnya dibutuhkan proses yang sangat lama. Hal ini pun memengaruhi bau pada keringat dan napas seseorang.

3. Sayuran cruciferus

Sayur-sayuran yang masuk ke dalam famili cruciferus seperti brokoli, kol dan brussels sprout mengandung sulfur yang menyebabkan bau yang kurang sedap, bahkan hampir menyerupai bau telur busuk. Sayur-sayuran ini memang kaya akan antioksidan namun menimbulkan bau tidak sedap yang kuat.

4. Kari

Aroma kari India memang bisa membuat siapapun menelan air liur. Namun, jintan yang  digunakan untuk memasak kari bisa tinggal di pori-pori kulit dan menciptakan bau yang tidak sedap pada keringat Anda.

5. Bawang bombay

Bawang bombay menjadi makanan penyebab bau badan yang sangat kuat. Minyak yang terkandung di dalamnya meresap ke dalam aliran darah dan pada akhirnya keluar lewat napas Anda. Jika Anda menyantap bawang bombay dalam jumlah yang banyak, maka semakin tidak sedap bau badan Anda.

6. Daging merah

Daging merah seperti daging sapi dan kambing tidak mudah dicerna oleh tubuh.  Sehingga mereka berada di dalam saluran pencernaan lebih lama dari makanan lain. Daging merah juga merilis racun-racun dan gas berbau yang dikeluarkan tubuh melalui keringat dan feses.

(mus)

Ditemukan, Zat 'Pembunuh' Mikroba Infeksi Nosokomial
Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016