Ini Empat Alasan Menstruasi Tidak Teratur

Ilustrasi menstruasi atau keputihan
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Lima Penyebab Menstruasi Terlalu Deras
- Saat menstruasi datang, biasanya yang terjadi adalah rasa nyeri dan kram, diikuti perubahan emosi pada wanita. Namun gangguan menstruasi lainnya, salah satunya ketika menstruasi tidak teratur dalam satu periode. Lalu apakah penyebabnya? Berikut informasinya dilansir
Times of India
Usia Pertama Kali Menstruasi Tunjukkan Harapan Hidup Wanita?
.
Tips Menghindari Stres bagi Ibu Hamil

Premenopause


Untuk wanita yang sudah lanjut usia, menstruasi yang tak lancar bisa menjadi sinyal dari premenopause yang akan segera datang. Jangan khawatir, karena ini wajar terjadi pada wanita usia 40 tahun ke atas. Namun bila pendarahan terjadi pada saat Anda sudah mengalami menopause, periksakan kejanggalan tersebut karena bisa membahayakan.


Pil KB


Anda yang menggunakan obat konrasepsi seperti pil KB, jangan heran bila siklus mens tidak teratur. Karena hal ini adalah salah satu efek samping dari konsumsi pil KB yang Anda lakukan. Jika pendarahan tidak kunjung berhenti, sebaiknya konsultasikan diri pada dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan.


Stres


Kelainan menstruasi seperti ini tak hanya terjadi pada para wanita dewasa, namun juga bisa terjadi pada remaja. Hal ini dapat terjadi, karena pengaruh stres yang dialami oleh Anda. Tumpukkan tugas dan pekerjaan rumah, kurang istirahat, hingga kandasnya hubungan percintaan bisa menjadi salah satu indikatornya.


Kehamilan


Keadaan yang paling lumrah dan sering menjadi penyebab tak teraturnya menstruasi adalah kehamilan. Bila sudah terjadi, cobalah periksakan diri ke dokter kandungan, atau jika ingin memastikan sendiri, gunakan tes kehamilan yang bisa dibeli di pasaran. Bila ternyata hasilnya negatif, maka pemicunya bisa disebabkan hal lain.


(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya