Kenali Gejala Awal Gangguan Sleep Apnea

Ilustrasi sleep apnea.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Sleep Apnea adalah gangguan tidur yang namanya mungkin belum akrab di telinga, namun gejalanya sudah banyak dialami beberapa dari kita.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Ia adalah gangguan tidur yang ditandai beberapa hal yang mungkin awalnya Anda kira wajar. Apa saja gejala itu? Ini ulasannya, yang dikutip dari
Hilangkan Depresi dengan Lari
Huffington Post .


Mulut kering saat pagi


Pernah merasa mulut sangat kering dan tenggorokan sakit ketika bangun pagi hari? Jika ya, waspadai gejala sleep apnea. Hal ini biasa diikuti rasa haus berlebihan, yang bisa menyebabkan peradangan di tenggorokan. Jika sudah terjadi ini, sebaiknya segera periksa.


Pusing ketika bangun tidur


Hal yang satu ini seringkali membuat para penderita salah kaprah. "Pasien banyak yang mengeluhkan tidak bisa tidur karena pusing, padahal pusing itulah penyebab gangguan tidur mereka," ujar Jeanetta Rains, Ph, D., peneliti yang mengamati gangguan tidur pada beberapa orang, di mana 67 persen yang mengalami pusing, ternyata didiagnosa mengidap sleep apnea.


Sulit fokus


Tak hanya pada penderita sleep apnea, kesulitan dalam fokus dan menyimak sesuatu akan terjadi pada seseorang yang memiliki masalah pada tidurnya. Oleh sebab itu, sebaiknya pola dan durasi tidur dikontrol dan diseimbangkan, agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan otak.


Sulit mengontrol emosi

Selain kesulitan dalam memusatkan perhatian, gangguan ini juga bisa memengaruhi emosi dan mood penderitanya. Jadi jangan heran bila tiba-tiba Anda merasa tidak mood, marah, atau cemas berlebihan. Jika terjadi, sebaiknya konsultasikan ke dokter khusus, sebelum gejalanya bertambah parah lagi. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya