6 Olahan Daging Sapi Tradisional Indonesia

Ilustrasi daging
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Daging sapi bagi masyarakat Indonesia memiliki peranan yang sangat besar. Ya, salah satu jenis daging merah ini telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai bahan utama berbagai masakan oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Mendag Kejutkan Pedagang Pasar di Tangerang

Tak heran jika terdapat begitu banyak varian olahan daging sapi tradisional Tanah Air. 

Jika zaman dahulu daging sapi masuk ke dalam menu makanan bangsawan dan kelas atas, saat ini daging sapi lebih mudah didapat dan tersedia di mana-mana. Bahkan, pedagang kaki lima atau kedai makan pinggir jalan pun banyak yang menawarkan menu masakan dari daging sapi dengan harga murah.
Jokowi Minta TNI-Polri Turut Tangani Lonjakan Harga Daging

Berikut ini adalah beberapa kuliner khas Indonesia yang terbuat dari daging sapi.
Ini Strategi Bulog Stabilkan Harga Daging Sapi

Rendang

Hidangan asal Sumatera Barat ini pernah menjadi salah satu makanan terlezat di dunia beberapa tahun lalu oleh salah satu media internasional. Terbuat dari daging sapi yang dimasak berjam-jam dengan bumbu dan santan, rendang umumnya memiliki warna kehitaman, dan dapat disimpan hingga berbulan-bulan.

Walaupun rendang yang populer terbuat dari daging sapi sebagai bahan utama, banyak varian rendang lain yang dimasak menggunakan kerang, ikan gabus, daun kayu, tepung ketan hitam, belut hingga daging itik. 

Semur

Masyarakat Indonesia begitu mengenal semur. Rasanya yang cenderung manis karena menggunakan kecap manis yang cukup banyak juga sangat akrab di lidah orang Indonesia. Semur biasanya dibuat dengan bahan dasar daging sapi bagian has dalam yang dipotong agak besar.

Selain daging, banyak pula yang menambahkan potongan kentang ke dalam semur. Biasanya semur disantap bersama nasi putih hangat dan sambal.

Empal

Nah, yang satu ini sering dijadikan teman makan soto. Empal bisa dikatakan adalah salah satu hidangan berbahan dasar daging sapi yang paling mudah dibuat. Penganan khas Sunda ini dibuat dengan cara mengiris tipis daging sapi dan dipukul-pukul hingga gepeng. Daging kemudian dibumbui dan dimasak dengan santan, asam Jawa, daun asam, dan racikan bumbu. Setelah bumbu meresap, empal pun digoreng di dalam minyak panas.

Abon

Abon adalah salah satu olahan daging sapi yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Cara membuatnya yakni dengan mengeringkan daging sapi yang sudah dibumbui hingga teksturnya berubah menjadi serat-serat kasar.

Meski begitu, saat disantap abon terasa sangat lembut dan kaya rempah dengan rasa manis dan gurih yang dominan. Layaknya rendang, abon bisa disimpan hingga berbulan-bulan. Tak heran jika makanan ini sering dibawa orang saat bepergian ke luar negeri.

Dendeng

Dendeng juga awet disimpan hingga berbulan-bulan. Dibuat dengan cara mengiris tipis daging sapi, dendeng umumnya dilumuri gula dan bumbu terlebih dahulu untuk efek rasa dan tahan lama. Daging kemudian dijemur di bawah sinar Matahari hingga kadar airnya berkurang. Saat akan disamtap, dendeng bisa langsung digoreng dengan minyak.

Satai

Walaupun satai yang populer di Tanah Air ialah yang terbuat dari daging ayam dan daging kambing, namun satai daging sapi juga tak bisa diremehkan. Tekstur dan rasa daging sapi yang khas sangat lezat dipadukan dengan kecap manis apalagi dengan sentuhan rasa smokey karena dibakar di atas bara. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya