Bahaya Makan Telur Busuk

Ilustrasi telur
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Panduan Memasak Kuning Telur Sesuai Selera
- Apakah ada masalah ketika memakan telur yang sudah kadarluasa? Telur adalah sumber yang baik untuk proterin dan yang paling penting adalah harganya tidak terlalu mahal. 

Ketahui Aturan saat Masak Menggunakan Telur
Jadi, telur merupakan makanan yang pas untuk dimakan sehari-hari. Tapi tunggu dulu. Memakan telur segar memang sehat, tapi bagaimana dengan telur busuk?  

RESEP: Tergoda Lumernya Telur Setengah Matang
Secara umum di kota besar, banyak telur dijual dengan waktu kadarluasa. Memakan telur yang kadarluasa dapat menyebapkan masalah kesehatan yang serius. 

Telur mesti disimpan di tempat yang benar dan hati-hati dalam mengonsumsinya. Ada baiknya Anda menyimpan telur di kulkas setelah membelinya. Anda juga jangan mengonsumsi telur yang sudah pecah, karena bisa ada micro organisme yang berbahaya pada telur tersebut.

Berikut bahaya dari memakan telur kadarluasa yang busuk, seperti dilansir laman Boldsky.

Diare

Salah satu yang disebabkan oleh telur busuk adalah diare, muntah, dan mual. Gejala ini bisa timbul dalam rentan waktu 12-15 jam setelah memakan telur yang busuk.

Kulit

Jika telur busuk dikonsumsi, salah satu kemungkinan yang terjadi adalah Anda akan mengalami ruam pada kulit dan gatal-gatal.

Bakteri salmonella

Telur yang busuk bisa mengandung bakteri yang dinamakan salmonella. Ketika seseorang mengonsumsi telur yang kadarluasa, risiko menderita dari bakteri ini bisa sangat tinggi. 

Kepala pusing

Bahkan sakit kepala, demam, dan kram di perut dapat terjadi setelah mengonsumsi telur busuk. Lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter jika gejala seperti ini muncul.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya