Pusing Usai Tidur Siang, Wajar Atau Berbahaya?

Ilustrasi Tidur di Kantor
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id -
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
Menjalani aktivitas harian yang melelahkan, akan membuat siang hari Anda penuh dengan rasa penat hingga kantuk. Oleh karena itu sebagian dari Anda, memutuskan memanfaatkan waktu untuk tidur siang.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Namun, keluhan yang biasanya ditemukan adalah adanya rasa pusing dan tak nyaman pada tubuh, sebangun tidur siang. Apakah rasa pusing itu wajar atau justru berbahaya?
Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas


Menurut dr. Nina Amelia Gunawan, dari
, nyeri kepala ini timbul akibat periode tidur yang terlalu lama.


"Tidur terlalu lama, bisa menyebabkan perubahan kadar serotonin dalam tubuh saat tidur, hal ini akan menghambat proses pengembalian energi dalam tubuh ketika bangun,” kata dia.


Nina juga mengungkapkan, tidur siang yang terlalu lama dapat memicu timbulnya insomnia secara tidak langsung, karena saat Anda beristirahat terlalu lama, maka tubuh Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk merasa lelah dan akhirnya tertidur.


"Jika dilakukan terus menerus akan semakin membahayakan," ucapnya.


Oleh sebab itu, saran Nina, sebaiknya batasi durasi tidur siang Anda. "Maksimal 30 menit, jangan lebih dari itu,” ujarnya.


Selain itu, imbangi tidur siang dengan olahraga ringan seperti berjalan di sekitar ruangan dan meja kerja, yang akan membuat tubuh Anda lebih segar dan siap melanjutkan aktivitas lainnya.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya