Kenali dan Cegah Gejala Encok

Ilustrasi Sakit Pinggang
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Anda pastinya sudah akrab dan familier dengan istilah encok. Namun, apakah Anda mengetahui apa sebenarnya encok itu? 

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
Encok, adalah salah satu jenis peradangan pada tulang, yang sama seperti gangguan arthritis. Namun, encok dapat dipicu oleh kesalahan pada asam urat yang terkadung dalam darah. Asam urat, adalah sebuah produk yang dihasilkanoleh darah, namun juga terdapat dalam beberapa jenis makanan dan minuman beralkohol.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar
Dilansir Times of India, asam urat dalam darah yang menjadi crystal, dapat menyebabkan rasa sakit berlebih yang tiba-tiba, terutama pada bagian persendian. Namun, sayangnya, keluhan ini biasanya dianggap remeh dan tidak segera ditangani. Namuh, dalam jangka panjang, keluhan ini dapat menyebabkan gangguan tulang lain, seperti pengeroposan tulang dan sebagainya.

Karena bahayanya yang cukup mengkhawatirkan, encok, adalah salah satu gangguan yang sebaiknya dicegah sejak dini. Salah satunya dengan cara mengatur pola makan dan menjalani penurunan berat badan. 

Menjaga pola makan untuk mencegah serangan encok, bisa dimulai dengan menjauhi makanan dan minuman beralkohol yang memiliki kandungan senyawa purin, seperti minyak ikan, makanan laut, hingga bir. Upaya menyeimbangkan asam urat dalam darah, juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung susu rendah lemak.

Beberapa jenis buah, juga bisa menjadi sumber baik bagi tubuh untuk mencegah datangnya encok. Untuk itu, konsumsilah beberapa buah berwearna biru tua dan merah, yang kaya antioksidan yang baik untuk menyeimbangkan kadar adam urat dalam darah. Tak kalah penting, cukupilah kebutuhan vitamin C, E, dan D, yang bisa membuat tulang lebih kokoh dan bertenaga.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya