Riset: Berkumur dengan Minyak Kelapa Membunuh Kuman

Ilustrasi minyak kelapa
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Berbicara tentang menjaga kesehatan gigi, ada cara tradisional yang sudah menjadi tradisi turun-menurun dalam budaya India. Cara ini dikenal dengan istilah Gandusha, yakni berkumur dengan menggunakan minyak kelapa.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Kebiasaan ini dilakukan masyarakat India sebagai rutinitas pagi di kamar mandi, layaknya menyikat gigi. Sebuah penelitian yang dilakukan pada Maret 2015, berhasil menunjukkan fakta, bahwa teknik tradisional ini memang ampuh membersihkan kuman dalam mulut.
Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan


"Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang baik untuk membunuh kuman dan menghentikan peradangan pada mulut dan gigi," ujar salah satu peneliti yang berasal dari Kenul Dental College, di India.


Dilansir dari
Daily Mail,
penelitian terhadap khasiat minyak kelapa untuk kesehatan gigi, memberi kesimpulan bahwa kandungan baik dari minyak kelapa berhasil mengurangi kadar bakteri dalam mulut dalam waktu seminggu. Penelitian ini dilakukan pada beberapa remaja dengan kondisi gigi dan mulut berbeda.


Manfaat ampuh dari minyak kepala, ternyata sampai ke telinga beberapa selebritas Hollywood, yang tak ragu melakukan cara ini untuk menjaga kebersihan dan kesehatgan gigi mereka. Beberapa nama seperti Ammy William, Tini Tempah, dan Lucy Watson melakukannya.


Karena kandungannya tak berbahaya, melakukan kumur dengan minyak kelapa terbilang aman. Cukup kumur satu sendok makan minyak kelapa atau minyak wijen setelah menyikat dan membersihkan gigi, lakukan 20 menit, lalu kumur lagi dengan air bersih. Lakukan di pagi hari agar hasilnya optimal.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya