Lima Tips Darurat Atasi Jerawat

jerawat wajah
Sumber :
  • istockphoto

VIVA.co.id - Jerawat adalah penyakit kulit umum yang bisa menyerang siapa saja. Sementara itu, untuk penyebab timbulnya jerawat bisa bermacam-macam.

Heboh Tren Make-up Pokemouth di Media Sosial

Faktor utama penyebab timbulnya jerawat adalah karena tidak adanya keseimbangan hormon dalam tubuh. Selain itu, faktor keturunan dan lingkungan memicu timbulnya jerawat.

Kedatangannya pun tanpa permisi. Tak ada angin dan hujan, tiba-tiba benjolan jerawat merah sudah meradang di wajah. 

Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah

Jika Anda punya pertemuan penting di pagi hari, kehadiran jerawat yang meradang tentu bisa jadi masalah. Cara mengatasinya sebenarnya tak pelik, jika tidak punya obat jerawat andalan, Anda bisa gunakan trik darurat di bawah ini, seperti dilansir Boldsky:

Pasta gigi

Tips Cantik dalam Tujuh Hari untuk Calon Pengantin

Untuk mengobati jerawat, oleskan sedikit pasta gigi pada daerah yang berjerawat. Ketika sudah kering, oleskan kembali dan biarkan selama semalam. Keesokan paginya, bersihkan dengan dengan kapas basah dengan lembut. Umumnya, jerawat yang meradang akan mengempis dan tidak terasa sakit.

Lidah Buaya

Salah satu cara terbaik untuk mengobati jerawat adalah dengan menggunakan gel lidah buaya. Caranya dengan cuci wajah Anda lalu keringkan. Potonglah kecil-kecil lidah buaya segar dan aplikasikan ekstrak lidah buaya di jerawat membandel. Setelah kering, gunakan air mawar untuk membersihkan wajah Anda.

Kunyit

Kunyit tidak hanya berfungsi sebagai bumbu masak, namun bisa pula untuk mengobati jerawat. Caranya, tuang satu sendok makan bubuk kunyit dan tambahkan setengah sendok makan susu, lalu aduk hingga menjadi pasta. Kemudian, aplikasikan masker dapur tersebut pada wajah. Jerawat akan menghilang, begitu juga dengan bintik hitam bekas jerawat.

Lemon dan madu

Lemon dan madu merupakan bahan-bahan alam terbaik untuk menyingkirkan jerawat membandel. Caranya, tambahkan satu sendok makan madu dan dua tetes jus lemon. Kemudian, aduk rata dan terapkan pada jerawat. Setelah setengah jam bilas dengan air bersih.

Almond

Hancurkan 4 buah kacang almond. Kemudian, tambahkan dua sendok makan bubuk susu. Aplikasikan masker almond pada wajah, lakukan secara teratur hingga jerawat mengering. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya