Rahasia Wajah Segar Meski Puasa

Ilustrasi wanita di pantai
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Kulit merupakan bagian tubuh yang paling penting untuk menunjang penampilan seseorang. Begitu pentingnya bagian tubuh yang satu ini membuat banyak orang yang melakukan segala cara untuk menjaga kesehatan kulitnya.

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas

Sebab, kulit yang kering dan kusam akan membuat penampilan tampak tidak menarik. Apalagi, jika kulit wajah terlihat kuyu, seperti yang terjadi saat puasa.

Kurangnya asupan air ditambah terik Matahari dan semburan dingin penyejuk ruangan di kantor ikut berkontribusi terhadap kulit yang tampak kering. 

Heboh Tren Make-up Pokemouth di Media Sosial

Bagaimana cara mengatasinya? Ikuti langkah ini, dilansir Boldsky:

Air

Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah

Asupan air sangat penting guna menjaga kelembapan kulit. Selain itu, air merupakan peluntur racun alami yang membuat tubuh mengeluarkan racun melalui keringat serta kotoran. Oleh karena itu, pastikan Anda mengasup cukup air putih saat sahur dan berbuka. 

Minum dua gelas air hangat saat berbuka puasa, dilanjutkan dengan minum beberapa gelas air putih sepanjang malam, dan juga di waktu sahur. Asupan air yang cukup akan membuat kulit terhidrasi dengan baik.

Madu

Selain air, ada baiknya Anda menjaga kelembapan kulit dengan mengonsumsi sesendok madu di waktu sahur. Madu mengandung antioksidan alami yang bisa melembapkan serta membuat kulit tampak cerah jika dikonsumsi secara teratur.

Olahraga

Memang terdengar absurd. Namun, rajin berolahraga bisa membuat kulit lebih cerah karena sirkulasi darah yang lancar. Selain itu, olahraga ikut membantu memperlancar pembuangan racun dan meningkatkan metabolisme.

Cuci wajah

Membersihkan muka juga menjadi langkah penting dalam menjaga kesegaran kulit saat puasa. Basuh wajah dengan air dingin saat kulit terasa kering, lalu tepuk-tepuk dengan handuk lembut.

Pelembap

Selalu aplikasikan pelembap setelah mencuci muka. Sinar Matahari dan penyejuk ruangan bisa membuat kulit semakin kering. 

Tabir surya

Oleskan tabir surya sebagai bagian dari perawatan kulit yang rutin di pagi hari. Setidaknya, terapkan satu jam sebelum paparan sinar Matahari untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat maksimal. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya