Alasan Mengapa Berkeringat Baik untuk Kulit

Ilustrasi kulit wajah
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Banyak orang takut untuk berkeringat, sehingga malas untuk melakukan aktivitas, atau olahraga yang banyak mengeluarkan keringat. Padahal, keringat itu sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit.

Cara Keringkan Kulit Wajah dengan Benar dan Aman

Berikut ini, beberapa alasan mengapa berkeringat baik untuk kulit seperti dilansir Boldsky.

Membersihkan pori-pori

Berkeringat adalah metode terbaik untuk menghapus semua akumulasi debu dan kotoran dari pori-pori kulit. Berkeringat dapat membuka pori-pori dan membantu mengusir semua kotoran.

Menghidrasi kulit

Orang-orang yang berkeringat lebih cenderung minum banyak air putih. Ini akan membantu Anda untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Hal ini juga dapat untuk mencegah penuaan dini dan keriput. Kulit terhidrasi akan tetap lebih lembut dan lentur untuk jangka waktu yang lama.

Mencegah jerawat

Pori-pori tersumbat adalah penyebab dasar dari jerawat. Ketika Anda berkeringat, pori-pori bersih, sehingga mencegah pembentukan jerawat. Ini adalah salah satu alasan mengapa berkeringat baik untuk keindahan kulit.

Pengelupasan alami

Mineral dan garam yang dihasilkan selama berkeringat, membantu untuk mengelupaskan dan mengangkat sel kulit mati. Keringat Anda juga mengandung urea dan asam urat yang membantu dalam mencegah kulit kering dan dermatitis.

Detoksifikasi

Saat melakukan aktivitas sehari-hari tubuh banyak mengandung banyak racun.  Berkeringat adalah cara ekskresi racun dari tubuh dan membuat kulit terlihat sehat dan indah.

Antibiotik

Beberapa studi terbaru, seperti yang dinyatakan Universitas Eberhard Karls, Jerman, menyatakan bahwa keringat memiliki antibiotik alami yang dikenal sebagai Dermcidin yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi kulit. (asp)

Ilustrasi wajah perempuan.

Ketahui Perbedaan Kulit Kering dan Dehidrasi

"Kulit dehidrasi sebenarnya jauh lebih umum daripada kulit kering."

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016