Cara Terbaik Melindungi Organ Cerna saat Berpuasa

ilustrasi pencernaan
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
Parasit Hidup di Tubuh Remaja Pria Ini
- Menjalankan puasa dengan lancar adalah keinginan setiap orang. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melindungi kesehatan organ cerna, agar puasa tidak terganggu dengan keluhan perut atau organ lain.

Tujuh Makanan 'Busuk' yang Menyehatkan

Lalu, apa saja tips mudah yang bisa diikuti, untuk melindungi kesehatan organ cerna? Simak ulasannya, dikutip dari laman Boldsky.
Sering Diabaikan, Hal Sepele Ini Bisa Ancam Kesehatan


Mengunyah yang benar


Kesehatan organ cerna dalam tubuh, dapat ditentukan dengan cara makan. Oleh karena itu, cobalah memerbaiki cara makan Anda, khususnya cara mengunyah. Mengunyah dengan baik dan benar, bisa membuat makanan lebih halus dan lebih aman ketika masuk ke lambung.


Makan sedikit


Makan berlebihan ketika sahur dan berbuka, tak akan menambah energi saat berpuasa. Yang terjadi adalah, tubuh yang mudah lelah dan cenderung mengantuk. Untuk itu, pastikan untuk membarasi porsi makan Anda, agar tidak berlebihan. Optimalkan puasa dengan konsumsi serat dan air putih yang cukup.


Hindari soda


Minuman bersoda, juga bisa menjadi penyebab munculnya gangguan pada organ cerna saat berpuasa, dengan menghindari makanan dan minuman yang berpotensi menghasilkan gas lambung, salah satunya minuman yang mengandung soda. Perbanyaklah asupan air putih, agar energi cukup dan puasa berjalan dengan lancar.


Pijat perut


Cara untuk menyehatkan organ cerna saat puasa, adalah dengan mengurangi kadar gas dalam lambung. Hal ini bisa dilakukan dengan memijat bagian perut, agar gas lambung keluar secara alami dari tubuh, bisa berupa sendawa atau buang gas. Kedua hal ini baik, karena bisa memertahankan kinerja organ cerna saat puasa.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya