Warga AS Ternyata Tidak Tahu Arti Tanggal 4 Juli

Bendera Amerika Serikat AS di Pearl Harbour Hawaii
Sumber :
  • REUTERS/Hugh Gentry/Files

VIVA.co.id - Sebagai negara adidaya, wajar saja bila Hari Kemerdekaan Amerika Serikat yang jatuh setiap tanggal 4 Juli dirayakan dengan besar-besaran. Umumnya, tanggal 4 Juli dirayakan dengan pawai, parade serta pesta kembang api. 

7 Suku yang Memiliki Tradisi Unik dan Aneh di Dunia, Bisa Pinjam Istri

Namun, saat warga AS ditanya secara acak mengenai arti tanggal 4 Juli, ironisnya, mereka tidak tahu menahu mengenai hari bersejarah negara mereka sendiri. 

Hal ini dibuktikan oleh video yang diunggah Mark Dice, seorang analis media. Di video yang dia unggah di YouTube tersebut, dia bertanya secara acak kepada warga di San Diego, California, mengenai hari kemerdekaan Amerika Serikat. 

7 Hewan Aneh Bisa Melakukan Hal yang Tidak Bisa Dipercaya

Ternyata dari orang-orang yang dia wawancarai, banyak yang tidak tahu-menahu mengenai hari bersejarah tersebut. Ada yang sama sekali bingung ketika ditanya arti tanggal 4 Juli. Ada juga yang mengatakan itu adalah perayaan kemerdekaan, namun ironisnya, mereka tidak tahu dari siapa yang menjajah Amerika Serikat sebelumnya. 

Mereka juga tidak acuh soal tahun kemerdekaan negaranya. Ada yang menyebut, Amerika Serikat merdeka tahun 1984, jauh dari kenyataan sebenarnya. 

7 Kebiasaan Unik Orang Rusia yang Membuat Wisatawan Bingung

Banyak juga warga yang kebingungan saat ditanya siapa pendiri negara AS. Mereka menyebut nama Abraham Lincoln, yang justru lahir 33 tahun setelah deklarasi kemerdekaan.

"Ini sangat menyedihkan. Masyarakat Amerika Serikat sangat ignoran," kata Dice. 

Catatan sejarah menyebutkan bahwa Amerika Serikat menyatakan kemerdekaan mereka dari Inggris pada tanggal 4 Juli 1776. Waktu itu, sebanyak 13 koloni di AS menandatangani deklarasi kemerdekaan yang dipimpin oleh para pendiri negara, termasuk Thomas Jefferson, John Adams dan Benjamin Franklin.

Adapun, video Dice ditonton hampir 300 ribu kali di YouTube.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya