Cara Diet Ampuh untuk Usia di Atas 40 Tahun

Ilustrasi diet atau buah apel
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Tips Diet Sehat agar Terhindar dari Anoreksia
- Menjalani program diet tidak hanya dilakukan di usia muda saja. Bahkan orang yang menginjak usia 40 tahun keatas juga dapat melakukannya. Seiring bertambahnya usia, kualitas pemilihan menu diet harus dilakukan dengan bijak.

Tujuh Cara Sehat Walau Jajan di Luar

Sebab program diet yang dilakukan tentunya sangat berbeda dengan usia yang masih muda. Hal ini disebabkan oleh fungsi tubuh yang mulai menurun, dan mulai rentan terhadap penyakit.
Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka


Berikut ini beberapa cara ampuh untuk diet diusia 40 tahun keatas seperti dilansir dari
Boldsky
:


Sertakan ikan

Risiko penyakit kardio vaskular meningkat saat Anda akan mendekati menopause. Bagi Anda yang berusia 40 tahun keatas, namun ingin menjaga berat badan sertakanlah ikan, terutama salmon. Hal tersebut merupakan ide yang terbaik untuk menjaga jantung agar sehat. Ikan mengandung banyak asam lemak omega 3, yang dapat membantu mengurangi risiko masalah jantung.


Tambahkan kalsium

Ketika umur sudah tidak muda lagi, kemungkinan besar hormon Anda akan mengalami perubahan drastis. Adanya hal itu akan menempatkan Anda di bawah risiko osteoporosis.


Jadi, bagi yang ingin diet di usia 40 tahun keatas perbanyaklah konsumsi kalsium. Hal tersebut untuk mencegah patah tulang dan nyeri punggung. Konsultasikan kepada dokter Anda untuk pilihan produk kalsium yang tepat untuk Anda.


Minum air putih

Bagi Anda yang mengalami sedikit kerutan, jangan khawatir, minum lebih banyak air setiap hari. Pastikan bahwa Anda minum lebih dari delapan gelas air setiap hari. Sebab dapat membantu Anda mempertahankan elastisitas kulit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.


Hindari makanan siap saji
Hindari mengonsumsi makanan siap saji karena dapat mempercepat timbulnya masalah terkait usia. Makanan sehat jauh lebih baik dari yang Anda bayangkan. Ini adalah salah satu perubahan diet yang penting pada perempuan yang telah menginjak usia 40 tahun keatas.


Konsumsi kandungan antioksidan

Pilih makanan yang kaya antioksidan, sebab ini dapat membantu untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Melawan radikal bebas sangat penting untuk mencegah masalah kesehatan mulai dari kondisi ringan seperti jerawat dan masalah serius seperti kanker.


Membuat rencana diet

Buatlah rencana diet dan ikuti secara maksimal. Ikuti jadwal diet yang seimbang karena membantu memberikan semua nutrisi penting. Sebelum diet harus mempertimbangkan kondisi kesehatan tubuh. Bila perlu, berkonsultasilah dengan ahli gizi untuk menanyakan tentang diet yang benar. Dengan adanya ini Anda akan tetap sehat dan aktif meski di usia tidak muda lagi.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya