Cara Baru Warga Bandung Ngabuburit

Cara baru warga Bandung Ngabuburit
Sumber :
  • VIVA.co.id/Taufik Yadi

VIVA.co.id - Ada beragam cara yang biasa dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit. Salah satunya adalah jalan-jalan ke mal atau pusat perbelanjaan. Namun, kebiasaan ngabuburit di mal sepertinya tak lagi jadi pilihan utama bagi sebagian warga Bandung.

Langkah Tentukan Prioritas agar Tujuan Tercapai

Paling tidak hal itu tergambar di sejumlah taman tematik, yang sejak Ridwan Kamil menduduki tampuk pimpinan sebagai wali kota Bandung, cukup getol membangun atau merenovasi taman-taman di Kota Kembang.

Ya, kini warga Bandung seolah sudah memiliki arena "bermain" yang cocok dan murah di dalam sebuah taman yang menawarkan keceriaan dan kebersaaman. Kalaupun harus bayar itu hanya perlu dilakukan kepada tukang parkir.

Delapan Makanan Sehat yang Dibutuhkan Wanita

Sejak memasuki bulan Ramadhan, sejumlah taman di Kota Bandung seolah jadi magnet bagi warga sebagai tempat ngabuburit. Seperti yang tergambar di Taman Alun-Alun Ujungberung yang belum lama ini diresmikan. Taman yang dulu terkesan kumuh itu, kini seolah disulap jadi arena kongko nan mengasyikkan dan nyaman.

Selama Ramadhan ini, Taman Alun-alun Ujungberung terlihat selalu penuh disesaki ratusan warga sekitar. Ada yang sekadar nongkrong, ada juga yang ingin foto narsis alias selfie. Di lokasi ini juga disediakan fasilitas bermain untuk anak, seperti ayunan dan lainnya.

Jadi Istri Wakil Bupati, Novita: Saya Jadi Jarang Lulur

"Kalau dibandingin sama sebelumnya, sekarang Alun-alun Ujungberung jauh lebih enak dan nyaman. Anak-anak juga cukup nyaman bermain di sini," ujar Anang, warga kelurahan Cigending, Kecamatan Ujungberung.

Pemandangan serupa juga terlihat di Taman Vanda yang keberadaannya di persimpangan Jalan Merdeka, Jalan Jawa, Jalan Wastukancana, dan Jalan Braga itu, kian menambah keanggunan kawasan tersebut yang dikelilingi sejumlah bangunan bersejarah seperti kompleks Balai Kota Bandung, Gedung Bank Indonesia, dan Gereja Katedral Santo Petrus.

Di Taman Vanda ini, puluhan warga kerap terlihat berkerumun untuk sekadar foto selfie dengan latar belakang air mancur yang ada di taman tersebut, dan bangunan peninggalan Belanda sebagai latarnya. Ada juga yang memanfaatkan eksotismenya untuk pemotretan model.

Bahkan, di Taman Vanda ini, setelah azan Maghrib justru lebih ramai karena warga bisa menikmati pemandangan air mancur yang berwarna-warni. 

"Muhun (iya) kang, cukup nyaman, walaupun lalu lintasnya tergolong ramai, tapi saya sama keluarga cukup menikmati nongkrong di sini," kata Ilham, yang mengaku bukan hanya sekali dua kali mengajak keluarganya jalan-jalan ke Taman Vanda.

Kondisi serupa juga terlihat di sejumlah taman tematik lainnya, seperti Taman Fotografi yang berada di pertigaan Jalan Anggrek-Jalan Kamuning-Jalan Gandapura. Lalu, Taman Film di bawah Jembatan Pasupati.

Selain taman, lokasi lain yang kerap dijadikan arena ngabuburit warga Bandung adalah kawasan Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika dan Jalan Cikapundung Barat. Di sekitar lokasi tersebut, ratusan warga kerap menyemut untuk sekadar jalan-jalan dan duduk sambil bersantai serta berfoto selfie. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya