Merawat Kecantikan Kulit dengan Tanah Liat

Ilustrasi kecantikan
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Daun Cabai Mampu Atasi Masalah Kulit
- Bagi sebagian wanita, memiliki kulit cantik dan mulus adalah sebuah impian. Tak heran, untuk urusan kecantikan, banyak wanita rela melakukan perawatan mahal.

Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah

Namun, di samping perawatan kecantikan mahal, ada juga treatment kecantikan yang kini banyak digemari wanita. Menggunakan bahan alami, tanah liat.
Suka Dandan Menyeramkan, Wanita Ini Dianggap Aneh


Sebagian orang mungkin merasa aneh, saat seseorang memilih tanah liat untuk mempercantik kulit. Seperti dilansir laman Genius Beauty, perlu Anda tahu, tanah liat memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit.


Tidak hanya itu, tanah liat juga mampu menghaluskan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan wajah. Berikut ini beberapa macam tanah liat yang sering dimanfaatkan untuk mempercantik kulit.


Tanah liat putih


Tanah liat putih juga disebut kaolin yang ternyata memiliki kandungan untuk merawat kulit berminyak. Tanah ini sangat cocok sebagai masker tubuh untuk mencegah penuaan dan membuat kulit lebih sehat. Selain itu, jenis tanah liat ini juga berguna untuk rambut rontok yang mampu memelihara folikel rambut dan mengembalikan kesehatan rambut yang rusak.


Tanah liat biru


Tanah liat biru adalah salah satu jenis tanah yang paling populer dan terjangkau dari tanah liat lainnya. Komposisi tanah liat biru paling erat dengan komponen mineral dari kulit manusia. Penggunaan tanah liat ini dianjurkan untuk orang dengan kulit normal. Tanah ini juga efektif sebagai pengobatan selulit.


Tanah liat hijau


Tanah liat hijau merupakan tanah yang paling cocok untuk jenis kulit berminyak. Bila diterapkan secara tradisional, tanah liat ini dapat memutihkan dan menghilangkan pori-pori besar. Tanah liat hijau juga dapat digunakan sebagai masker yang baik untuk rambut dan menyegarkan kulit kepala. Selain itu, seperti tanah liat lainnya, tanah ini dapat mengencangkan kulit, menghilangkan keriput dan menghilangkan peradangan.


Tanah liat merah


Tanah liat merah biasanya digunakan untuk kulit iritasi yang rentan terhadap munculnya jerawat dan alergi. Tanah liat ini memberikan efek yang cukup lembut, sehingga dapat menenangkan kulit yang cukup baik dan membantu mengurangi peradangan. Tanah liat merah ini diterapkan pada kulit kering dan dehidrasi dapat membantu mengurangi penuaan dan meningkatkan sirkulasi darah.


Tanah liat merah muda


Jenis tanah liat ini berguna untuk memelihara kulit kering dan melembabkannya. Selain itu, tanah ini dapat membantu mengurangi keriput dan menyegarkan kulit. Jenis tanah liat tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai masker rambut. Sebab, tanah ini hanya cocok untuk perawatan wajah dan tubuh.


Tanah liat kuning


Tanah liat kuning ini kaya akan kalium, zat besi dan sangat baik untuk merawat kulit berminyak yang rentan berjerawat. Tanah liat kuning dapat memelihara kulit untuk menghindari penuaan. Tanah ini sering digunakan untuk membungkus tubuh untuk mengatasi selulit, melangsingkan dan mengencangkan kulit yang kendur. Menerapkan tanah liat kuning ini pada rambut bisa membuat rambut bersinar, ini karena tanah liat kuning mengandung komposisi mineral yang unik.


Tanah liat hitam

Tanah liat hitam lebih sering digunakan untuk kulit berminyak dan efektif menghilangkan jerawat. Masker dengan tanah liat hitam dapat menghilangkan lemak dan kotoran dari pori-pori. Memiliki kandungan mineral tanah jenis ini dapat mengencangkan kulit dan mengurangi peradangan. Tanah ini juga biasa  digunakan untuk perawatan anti-selulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya