Tips Merawat Gigi Ala Dokter

Ilustrasi wanita tersenyum dan gigi putih
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sedini mungkin. Sebab, kesehatan gigi dam mulut adalah hal yang sangat mahal. 

Lima Kebiasaan yang Memperburuk Gigi Sensitif

Hal ini dibenarkan oleh Dr. Uchena Okoye, seorang ahli gigi dari London. Ia menyatakan bahwa kesadaran merawat gigi masih sangat kurang. 

Dilansir Daily Mail, Uchena mengatakan , untuk memiliki senyum indah sempurna, seseorang bisa mengeluarkan biaya lebih dari 10.000 poundsterling, atau setara dengan Rp200 juta. "Dalam kasus yang sangat parah," ujarnya. 

Tips Mengatasi Gigi Sensitif

Oleh karena itu Uchena memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi, yang paling direkomendasikan oleh para ahli. Berikut cara merawat gigi ala dokter:

Jangan menyikat atas bawah

Menderita Gara-gara Sikat Gigi Elektrik

Cara menyikat gigi adalah hal yang harus diperhatikan jika ingin menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Jika Anda terbiasa menyikat gigi dengan gerakan atas bawah, sebaiknya ubahlah kebiasaan tersebut, karena bisa merusak gusi Anda. Uchena menyarankan agar menyikat gigi dengan satu gerakan saja.

"Banyak gerakan dan arah menyikat gigi, bisa merusak kesehatan gusi dan menimbulkan iritasi," ujarnya.

Permen karet

Permen karet adalah salah satu perusak kesehatan gigi, karena mengandung banyak gula yang bisa menimbulkan asam dan kerusakan pada mulut dan gigi. Hal ini, bukan berarti Anda tidak boleh memakan permen karet. Uchena menyatakan, boleh saja memakan permen karet, namun jangan terlalu lama.

"Maksimal 10 menit," ujarnya. Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan memakan permen karet bebas gula yang lebih aman dikonsumsi.

Bersihkan lidah

Lidah, adalah salah satu bagian dari mulut yang penting untuk dijaga, namun seringkali diremehkan. Padahal, menjaga kebersihan lidah juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk menyelamatkan gigi dari masalah seperti bakteri yang menempel, dan bisa menyebabkan beragam penyakit berbahaya.

Sebelum makan

Menggosok gigi sebelum menyantap makanan, adalah cara ampuh yang bisa dilakukan untuk membentengi gigi sebelum menghadapi beragam jenis makanan yang panas, dingin, maupun yang mengandung asam. Hal ini karena, menyikat gigi sebelum makan dapat memberikan lapisan pada email gigi yang membuat gigi lebih kuat mengunyah ragam jenis makanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya