Pameran Lukisan Batik Kembali Hadir di Norwegia

Pameran lukisan batik Joko Sudadiyo di Trondheim Norwegia
Sumber :
  • KBRI Oslo

VIVA.co.id - Musim panas ini, seniman Indonesia, Joko Sudadiyo, kembali menggelar pameran lukisan batik di perpustakaan kota Trondheim, Norwegia, yang berlangsung selama 11 Juli – 1 Agustus 2015. Pameran ini terselenggara atas dukungan Berit Johanessen dari Norwegian University for Science and Technology (NTNU), Dorith Schaffscher sebagai kurator dan perpustakaan kota Trondheim.

Batik Generasi Muda Danar Hadi dengan Sentuhan Modern

Menurut Kedutaan Besar Indonesia di Oslo, dalam keterangannya kepada VIVA.co.id, pembukaan pameran sudah berlangsung akhir pekan lalu pada 11 Juli 2015, yang dihadiri oleh sekitar 40 orang pecinta dan pemerhati Batik. Mereka antara lain dari kalangan akademik NTNU, perwakilan dari berbagai galeri di Trondheim, serta masyarakat Indonesia yang berdomisili di Trondheim.

Mewakili Duta Besar RI untuk Norwegia, Pejabat Fungsional Pensosbud dari KBRI Oslo, Dilla Trianti, menyatakan kebanggaannya bahwa pameran lukisan batik Indonesia dapat kembali digelar di Trondheim, dan juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para sponsor yang mendukung terselenggaranya pameran tersebut. 

Carita Dasa Windu, Hadiah Eksklusif untuk Habibie

“Bagi orang Indonesia, batik tidak hanya menjadi pakaian, melainkan juga sebagai bentuk karya seni, warisan budaya, simbol identitas dan kebanggaan bangsa Indonesia. Diharapkan melalui pameran batik ini, masyarakat Norwegia dapat lebih mengenal Indonesia dan kebudayaan Indonesia,” kata Dilla. 

“Melalui pertukaran informasi, seni, dan budaya antar negara, kita dapat memupuk rasa saling pengertian, dan melalui pameran batik ini diharapkan rasa itu akan tumbuh antara masyarakat Indonesia dan Norwegia. Dengan timbulnya rasa saling memahami tersebut, kita dapat bekerja sama dan berkontribusi dalam membangun dunia yang lebih baik,” lanjut Dilla. 

Wali Kota Amerika di Somersworth Bangga Pakai Batik

Dalam pembukaan pameran tersebut juga dipersembahkan tari Pendet asal Bali yang dibawakan oleh kelompok tari masyarakat Indonesia di Trondheim. Penampilan tersebut berhasil menarik perhatian para hadirin maupun para pengunjung perpustakaan yang kemudian meluangkan waktu untuk melihat pameran tersebut. 

Joko Sudadiyo adalah seorang artis dan pengajar batik di Yogyakarta. Dia mulai mendesain dan memproduksi batik di tahun 1984. Kini, karya dan produknya telah diekspor ke berbagai negara termasuk Italia, Inggris, Spanyol, Amerika Serikat (Hawaii), Guyana, Malaysia, Belanda, dan Singapura. Karyanya juga pernah dipamerkan di Guyana, Italia, Inggris, Spanyol, dan Belanda.

Pameran ini merupakan pameran lukisan batik Joko Sudadiyo yang keempat kalinya digelar di Norwegia. Sebelumnya, pameran pertama diselenggarakan pada bulan Desember 2011 di Trondheim, yang kedua pada bulan Agustus 2012 di Oslo dan yang ketiga pada bulan Juni 2013. Pameran lukisan batik ini diselengarakan di perpustakaan umum kota Trondheim mengingat perpustakaan tersebut dikunjungi oleh sekitar 2.000 hingga 3.000 orang setiap harinya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya