Puluhan Ribu Wisatawan 'Serbu' Candi Prambanan

Sumber :
  • wikipedia.org

VIVA.co.id - Hari ketiga Lebaran dimanfaatkan para pemudik yang pulang ke kampung halamannya untuk berwisata di sejumlah obyek wisata yang ada di Yogyakarta. Tak hanya kawasan Malioboro dan berbagai pantai di selatan Yogyakarta yang dipenuhi wisatawan, Candi Prambanan yang berlokasi di perbatasan Yogyakarta-Jawa Tengah ini juga diserbu wisatawan.

'Memedi Sawah' Melestarikan Tradisi yang Nyaris Punah

Banyak wisatawan yang akan berkunjung ke salah satu peninggalan bersejarah tersebut menyebabkan tempat parkir mobil yang tersedia tak mampu menampung kendaraan yang dibawa oleh wisatawan. Pengelola akhirnya mengizinkan wisatawan memarkir mobilnya di halaman kompleks perkantoran Unit Candi Prambanan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.

"Lonjakan sudah terjadi pada hari Sabtu yang jumlah pengunjungnya mencapai 16.000 wisatawan dan Minggu ini atau H+2 lebaran diperkirakan jumlah mencapai 20.000 wisatawan," kata Kepala Unit Candi Prambanan PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Priyo Santosa, Minggu, 19 Juli 2015.

Lima Spot Foto Paling Unik di Pinggir Jalan Jogja

Priyo menjelaskan, wisatawan yang masuk ke Candi Prambanan tidak hanya berasal dari DIY dan Jateng saja tetapi banyak pula yang berasal dari daerah-daerah yang cukup jauh. Hal itu terlihat dari pelat tanda nomor kendaraan yang masuk halaman parkir candi yang menunjukkan asal daerah mereka.

"Mobil pribadi berplat nomor luar daerah justru yang mendominasi di tempat parkir yang disediakan."

Mengintip Tradisi Sedekah Laut Khas Yogyakarta

(mus)

5 Pilihan Wisata Alam Terbaik Di Jogja Yang Ramah Untuk Anak-anak

Lima Pilihan Wisata Jogja yang Ramah untuk Anak

Kamu bisa berwisata bersama keluarga dan anak-anak ke sini.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2016