Waspada, Lima Asupan Ini Memicu Penyakit Batu Ginjal

Ilustrasi ginjal
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Batu ginjal adalah salah satu jenis gangguan yang terjadi pada organ ginjal, yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Penyebabnya, yang mungkin belum banyak diketahui, bisa berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi ke tubuh. Lalu, apa saja makanan dan minuman yang bisa mendatangkan gangguan batu ginjal? Simak ulasannya dikutip dari laman Fox News.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Salad
Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon


Mengusung gaya hidup sehat, bagi beberapa dari Anda pasti berarti menukar makanan dengan beragam jenis sayuran yang menyehatkan. Namun, ternyata, mengonsumsi terlalu banyak sayuran, bisa membahayakan kesehatan ginjal. Pasalnya, konsumsi salad berlebihan bisa menumpuk kandungan oksalat, yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal.


Daging

Berlebihan makan daging, sama saja bahayanya dengan kelebihan makan sayuran. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa, konsumsi daging dan unggas, meningkatkan risiko terkena batu ginjal hingga 30-50 persen daripada yang rutin memakan sayur dan ikan.


Garam


Untuk penggemar makanan gurih dan asin, berhati-hatilah, karena kesehatan ginjal menjadi taruhan. Mengonsumsi garam berlebihan, bisa meningkatkan kandungan kalsium dalam urine, yang lama kelamaan bisa membentuk batu ginjal yang berbahaya bagi kesehatan.


Es teh


Menikmati segelas es teh segar, bisa menjadi penghilang dahaga di kala panas. Namun, dahaga yang hilang tak sepadan dengan risiko yang harus Anda rasakan. Terlalu banyak minum teh, bisa menyebabkan kerusakan pada hati, karena kandungan oksalat berlebih yang dapat membentuk batu ginjal.


Soda


Tak hanya es teh manis, minuman soda yang mungkin menjadi minuman kegemaran Anda, juga bisa membahayakan kesehatan ginjal. Kandungan gula dan soda dalam minuman soda kemasan, bisa menyebabkan gangguan pada ginjal, salah satunya terbentuknya batu ginjal yang mengganggu kesehatan. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya