Empat Fakta tentang Hepatitis B yang Perlu Anda Tahu

Ilustrasi hepatitis
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Tanggal 28 Juli, setiap tahunnya, diperingati sebagai Hari Hepatitis sedunia. Namun, meski diperingati setiap tahun, pengetahuan masyarakat tentang bahaya penyakit hepatitis masih sedikit.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Berikut, beberapa fakta penting mengenai salah satu jenis penyakit hepatitis, yakni hepatitis B (HBV) yang dilansir dari laman Boldsky.

Fakta 1: Sebagai penyakit yang cukup berbahaya, penanganan hepatitis B terbilang masih lamban dan cenderung terlambat. Hal ini, karena penyebab dan gejalanya yang tidak banyak disadari dan diremehkan penderita. Inilah yang membuat penyakit ini menjadi silent killer.

Fakta 2: Beberapa penelitian berhasil menunjukkan bahwa penyebaran virus Hepatitis B, ternyata 100 kali lebih cepat dari penyebaran virus HIV. Untuk itu, penanganan sejak dini adalah solusi terbaik untuk melindungi kesehatan Anda.

Fakta 3: Dalam kasus yang tak tertangani dengan baik, Hepatitis B bisa menyebabkan kematian penderitanya, karena kerusakan pada organ hati. Ini adalah fakta yang paling menakutkan dari penyakit ini.

Fakta 4: Jika Hepatitis B terjadi pada penderita yang sedang mengandung, penyakit yang sama akan diwariskan pada janin. Untuk itu, sebaiknya bekali tubuh dengan vaksin, agar serangan virus berbahaya ini tidak mengganggu.

Dari fakta di atas, perlu diketahui bahwa penyakit hepatitis B (HBV) memiliki beberapa gejala, seperti demam, pusing, dan gangguan pada bagian perut, yang berlangsung lama dan akan semakin parah. Jika merasakan yang aneh dengan tubuh, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. (asp)

Ilustrasi tempat tidur.

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

Salah satunya berbincang santai dengan adanya bumbu humor.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2017