Tujuh Hidangan Khas Prancis Wajib Coba

Ilustrasi escargot
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Menjajal Nikmatnya Surf n' Turf Olahan Chef Buli
- Bicara Prancis tentu tak terlepas dari ragam kulinernya yang mendunia. Bisa dikatakan kuliner di negara ini telah begitu maju hingga banyak orang dari seluruh dunia yang ingin belajar memasak di sekolah-sekolah masak di sana.

Yuk, Jelajahi Kuliner Nusantara di Sini
Nah, tentu saja Prancis punya sederet hidangan khas yang begitu istimewa sampai-sampai hampir semua wisatawan yang berkunjung ke sana wajib menyempatkan diri untuk mencicipi beberapa diantaranya. 

Kreasi Kuliner Paduan Eropa dan Madiun, Sandwich Pecel
Jika Anda bermimpi untuk dapat singgah di Prancis, ketahui tujuh hidangan khasnya yang tak boleh dilewatkan seperti yang dilansir dari The Daily Meal berikut ini.

Aligot

Hidangan satu ini sebenarnya merupakan mashed potatoes atau kentang tumbuk. Namun, kentang tumbuk khas Prancis ini begitu istimewa karena ditambahkan dengan butter, krim, bawang putih dan keju. Hidangan dari daerah Aubrac ini juga biasanya menggunakan keju tradisional bernama tomme yang berasal dari wilayah Prancis tengah.

Bouillabaisse

Anda tak bisa meninggalkan kota pelabuhan Marseille tanpa mencicipi hidangan ikan tradisionalnya. Dinamakan Bouillabaisse, hidangan ini umumnya dimasak menggunakan ikan Mediterania dan kerang. Kedua sumber protein itu dimasak dengan bawang putih, fennel, saffron, cayenne dan bumbu-bumbu Prancis lainnya.

Confit de Canard

Berasal dari Gascony, Confit de canard terdiri dari kaki bebek yang telah diasinkan sebelum dimasak dengan metode slow-cooked di dalam lemak bebek. Umumnya, restoran yang menyajikan hidangan ini selalu kedatangan pengunjung yang antre untuk mencicipinya.

Coq au Vin

Hidangan ayam satu ini dimasak dengan wine, bacon dan jamur. Secara tradisional, red wine Burgundy lah yang digunakan untuk merebus daging ayam hingga empuk.

Escargots à la Bourguignonne

Bisa dikatakan escargot adalah hidangan nasional prancis yang paling populer di dunia. Escargot atau keong dimasak terlebih dahulu dengan butter dan bawang putih. Tak lupa ditambahkan pula beberapa jenis tanaman herbal untuk perasa dan aroma.

Hachis Parmentier

Hachis Parmentier hampir menyerupai pie Shepherd khas Amerika Serikat. Perbedaannya adalah daging yang digunakan umumnya merupakan daging bebek yang telah digiling. Ditambahkan pula keju comte agar hidangan semakin lezat.

Ratatouille

Ratatoille adalah hidangan vegetarian Prancis yang sangat populer. Berasal dari Provece, kelezatan ratatouille tergantung pada kualitas dan kesegaran sayur-sayuran yang digunakan. Sayuran yang wajib dipakai untuk memasaknya adalah terong, ketimun dan tomat. Seluruhnya diiris tipis-tipis dan ditata dengan urutan yang sama di dalam wadah. Setelah dimasak sebentar di atas api kecil, ratatouille dipanggang di dalam oven agar seluruh sayuran matang merata.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya