Enam Cara Praktis Akali Masakan Gagal

ilustrasi memasak
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id -
Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah
Memasak memang bukan lah hal yang mudah untuk dilakukan. Terdapat teknik-teknik dasar yang sulit ditaklukan. Bahkan, juru masak profesional pun pada satu titik pernah mengalami kegagalan dalam memasak hidangan tertentu.

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Saat masalah terjadi di dapur, Anda tak perlu panik. Terdapat beberapa cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan masakan dan membuatnya tetap terasa lezat.
Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama


Oleh karena itu, simak beberapa tips mengakali kesalahan dalam memasak seperti yang dilansir dari
Daily Mail
berikut ini.


Makanan terlalu pedas atau asin


Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengakalinya dengan menambahkan kentang rebus yang akan berfungsi sebagai spons sehingga mampu menyerap rasa pedas dan asin yang berlebihan. Alternatif lainnya adalah menambahkan bahan-bahan masakan lain seperti nasi, pasta atau sayur-sayuran yang memiliki fungsi yang sama dengan kentang rebus.


Putih telur terlalu lama dikocok


Banyak resep kue yang melibatkan penggunaan putih telur kocok. Namun, jika Anda secara tidak sengaja terlalu lama mengocoknya sehingga telur jadi kaku, Anda bisa menambahkan beberapa tetes air perasan jeruk lemon.


Mentega yang gosong


Saat memasak saus menggunakan butter, Anda harus menggunakan api kecil. Tetapi jika butter terlanjur menjadi gosong dan berubah warna menjadi coklat, Anda bisa menambahkan air perasan jeruk lemon, kacang capers dan peterseli untuk menyelamatkan saus Anda.


Kue yang gosong


Tak perlu khawatir jika kue yang Anda panggang terlalu lama menghabiskan waktu di dalam oven hingga bagian atasnya sedikit gosong. Cukup potong bagian yang gosong dan olesi kue dengan kuning telur kocok dan panggang sebentar di dalam oven hingga warnanya berubah menjadi coklat keemasan.


Terlalu lama memasak pasta


Memang sulit memasak pasta hingga al dente atau mencapai tingkat kematangan yang sempurna. Nah, jika Anda memasaknya terlalu lama, pasta tetap bisa diselamatkan. Caranya dengan membilasnya dengan air dingin dan memotong-motongnya.


Tekstur daging yang kering


Ketika memasak daging terlalu lama, teksturnya akan sedikit keras dan mengering karena cairan di dalamnya telah habis. Dalam hal ini, Anda perlu menyajikannya dengan saus. Itu akan memberikan kelembaban pada daging masakan Anda. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya