Penelitian Nationwide Children’s Hospital di AS

Hati-hati, Komputer Bisa Melukai Si Kecil

VIVAnews - Saat ini rata-rata rumah memiliki seperangkat komputer. Mengingat keterbatasan tempat, letak komputer bisa di mana saja. Bukan hanya dalam kamar bahkan juga mungkin diletakkan meja di ruang makan. Pengoperasian komputer yang mudah membuat si kecil dengan gampang menyalakan dan bermain-main dengan komputer yang ada di rumah.

Jika sudah demikian sebaiknya Anda lebih berhati-hati. Karena menurut penelitian banyak kecelakaan yang terjadi akibat perangkat komputer. Terutama bagi anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun. Biasanya kecelakaan yang terjadi mengakibatkan luka pada tangan, kaki, bahkan kepala.

Luka yang diakibatkan perangkat komputer rata-rata karena si kecil terjatuh saat ingin menaiki kursi komputer. Terkena setrum juga salah satu kecelakaan yang diakibatkan komputer, mengingat banyak kabel yang berada di sekitar komputer. 

“Kecelakaan yang diakibatkan oleh perangkat komputer merupakan masalah serius yang sering diabaikan para orang tua," kata Lara McKenzie, asisten profesor dari Nationwide Children’s Hospital di Columbus, Amerika Serikat.

Sebenarnya bukan hanya perangkat komputer yang bisa membahayakan si kecil. Barang-barang rumah tangga lain seperti mesin cuci, kulkas, dispenser, kipas angin, juga bisa membuat celaka jika aspek keamanannya diabaikan.

“Dalam barang-barang rumah tangga, termasuk komputer tertera petunjuk penggunaan barang dengan aman. Petunjuk tersebut harus dibaca dan dilaksanakan untuk menghindari kecelakaan dalam rumah," kata McKenzie.

Salah satu cara menghindari terjadinya kecelakaan karena perangkat komputer, adalah meletakkan komputer dalam ruangan khusus. Usahakan hanyaorang dewasa yang bisa mengakses ruangan tersebut.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Lalu, saat komputer tidak dipakai pastikan kabel yang berhubungan dengan aliran listrik dilepas untuk menghindari setrum. Atur tumpukan kabel agar tidak menjuntai dan membuat tersandung. Kemudian selalu peringatkan si kecil bahwa jika ingin bermain dengan komputer harus selalu didampingi. 

Mensos Risma

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Dalam acara bertajuk YouTube Seribu Kartini Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat,19 April 2024, Menteri Sosial Risma mengemukakan bahwa seorang kreator konten tidak takut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024