Menguak Mitos Tentang Tabir Surya

Ilustrasi tabir surya
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Saat ini, banyak produk tabir surya yang ditawarkan produsen sebagai penangkal radiasi dengan kadar tingkatan sun protection factor (SPF) tertentu.

Manjakan Wanita, Jeunesse Hadirkan Sistem Peremajaan

Banyak orang menduga bahwa SPF dikenal sebagai indikator dari berapa lama Anda dapat tinggal di bawah sinar matahari tanpa terbakar.

Namun, ternyata itu merupakan mitos belaka. Banyak orang yang salah kaprah mengenai penggunaan tabir surya. Berikut ini, beberapa mitos tentang tabir surya dilansir New Beauty:

Tidak perlu menerapkan berulang kali


Anda tidak perlu menerapkan tabir surya, jika pelembab, atau foundation Anda mengandung SPF. Sebab, tabir surya yang dikenakan berlapis tidak akan bekerja sempurna.

Berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D


Matahari memang sumber utama vitamin D, namun orang terkadang memaknainya sebagai berjemur seharian di bawah sinar matahari. Padahal, itu justru mengundang kanker kulit. Vitamin D banyak terkandung di sinar matahari pagi, terutama mulai pukul 7-9 pagi.

Jika Anda harus keluar rumah dan beraktivitas di bawah matahari, pastikan kulit Anda terlindungi dengan tabir surya.

SPF tinggi sama dengan perlindungan yang baik

Terlepas dari tinggi kadar SPF, hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Sebab, tidak ada tabir surya yang dapat melindungi 100 persen dari sinar matahari. Angka SPF terbaik adalah SPF 30, yang bisa melindungi kulit hingga 97 persen.
 
Warna kulit memengaruhi adanya kanker kulit


Kulit gelap memang lebih tahan terhadap paparan matahari, namun bukan berarti bebas risiko kanker kulit. Semua orang berisiko terkena kanker kulit jika tidak melindungi kulitnya dengan baik.

Tabir surya berbahaya bagi kesehatan


Bahan dalam tabir surya mendapatkan banyak sorotan, sebab berisiko dengan masalah kesehatan. Namun, terdapat bukti ilmiah yang mendukung manfaat menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari bahaya terbakar dan meminimalisasi risiko kanker. (asp)

Ilustrasi kosmetik

Tips Tetap Cantik saat Musim Hujan

Sebaiknya gunakan make-up antiair.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016