Diciptakan Bir Cokelat tanpa Alkohol

Ilustrasi biji cokelat
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Mars Menarik Produk Cokelatnya di 55 Negara
- Cokelat telah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat dunia. Tak heran jika kini telah lahir begitu banyak inovasi makanan dan minuman dari cokelat.

Manfaat Mandi Cokelat untuk Kulit
Salah satu yang paling baru adalah bir cokelat.

Jepang Luncurkan Mi Instan Kuah Cokelat
Dilansir dari Food World News, bir craft tersebut tercipta dari tangan dua orang bersaudara asal New York, Rick dan Michael Mast. Keduanya merupakan pemilik pabrik cokelat bernama Mast Brothers Chocolate Makers di Kota Big Apple.

Bir unik ini juga tidak mengandung alkohol sama sekali. Meski begitu, minuman tersebut dibuat dengan cara brewing layaknya memfermentasi bir, namun menggunakan biji kakao.

Biji kakao sebelumnya juga telah dipanggang di pabrik cokelat mereka yang terletak di Brooklyn. Biji yang telah dibuang kulitnya pun diproses selama 24 jam di dalam tangki baja anti karat untuk difermentasi. Tangki tersebut biasanya digunakan untuk membuat wine atau bir.

Ditambahkan pula karbon dioksida untuk karbonasi, kemudian ditambahkan nitrogen untuk memberikan tekstur berbusa sebelum bir cokelat ini dimasukkan ke dalam tong.

Terdapat dua varian rasa bir yaitu yang dinamakan Brooklyn Blend dengan cita rasa rempah dan Vanilla and Smoke yang dibuat dari biji cokelat Madagascar.

Varian rasa lainnya akan segera hadir seperto rasa jeruk nipis dan kayu manis yang dikombinasikan dengan biji kokoa dari Tanzania dan Peru.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya