Memutihkan Gigi, Apakah Aman?

Ilustrasi wanita tersenyum dan gigi putih
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Bleaching atau pemutihan gigi, adalah hal yang kini seakan menjadi tren di kalangan selebritas. Meski tak murah, perawatan gigi ini seakan menjadi solusi bagi sang bintang untuk meningkatkan penampilan. Namun, apakah melakukan perawatan macam ini baik untuk gigi? Adakah dampak jangka panjang yang bisa terjadi karena pemutihan gigi?

Menjelaskan tentang hal ini, drg Ruby Kusnadi dari laman Meetdoctor.com menyatakan bahwa, bleaching adalah salah suatu prosedur yang digunakan untuk mendapatkan kembali warna gigi natural ataupun untuk menjadi lebih putih. Teknik bleaching dapat menggunakan restorasi seperti tambalan dan veneer atupun dengan menggunakan bahan kimia memutihkan gigi.

Efek samping dari perawatan ini, ungkap Ruby, dapat melemahkan email gigi dari struktur kekerasan dan elastisitas email. Akan tetapi, efek samping ini tidak perlu terlalu ditakutkan apabila bahan bleaching tersebut digunakan sesuai anjuran dokter gigi dan tidak terlalu sering memakainya.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

"Demineralisasi atau penurunan kekuatan gigi ini akan kembali dikembalikan atau diremineralisasi oleh ludah dan dari mineral minuman dan makanan," ungkapya.

Efek lain dari pemutihan gigi bleaching adalah hipersensitivitas pada gigi yang di-bleaching dan iritasi gusi apabila terjadi kontak dengan bahan kimia bleaching tersebut. Namun, hal ini bisa dihindari dengan melakukan perawatan gigi kepada dokter yang sudah ahli, sehingga perawatan dan segala bahan yang digunakan tidak menyalahi aturan. 

Ilustrasi tempat tidur.

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

Salah satunya berbincang santai dengan adanya bumbu humor.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2017