Diet Bebas Gluten Tak Efektif Turunkan Berat Badan

Ilustrasi makanan bebas gluten
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Banyak cara yang dilakukan orang untuk menurunkan berat badan. Tak heran jika hingga saat ini begitu banyak jenis diet yang bermunculan.

Cara Nadia Mulya Turunkan Bobot Tubuh Pasca Melahirkan

Salah satu yang banyak dilakukan adalah diet bebas gluten. Namun, suatu studi belum lama ini mengungkapkan hal yang sebaliknya.

Dilansir dari Food World News, studi itu menunjukkan ternyata tidak ada bukti yang mendukung klaim diet bebas gluten efektif menurunkan berat badan pada orang yang tidak menderita penyakit celiac atau gangguan yang berhubungan dengan gluten, menurut Journal of American Academy of Physician Assistants.

"Studi ini mengonfirmasi bahwa diet bebas gluten hanya disarankan bagi mereka yang mengalami gangguan terkait gluten. Orang-orang yang tidak memiliki gangguan itu beralih ke diet ini karena informasi yang salah," ujar Glenn Gaesser, Ph.D., penulis studi sekaligus profesor di Arizona State University.

Pria yang juga menjadi penasehat ilmiah Grain Foods Foundation itu pun mengatakan bahwa orang yang mengeliminasi gluten dalam menu makanan sehari-hari justru mengalami peningkatan berat badan.

"Itu karena makanan yang mereka konsumsi umumnya mengandung lebih banyak kalori dari makanan yang mengandung gluten," kata dia.

Ia menambahkan ada pula bukti yang menunjukkan konsumsi produk makanan yang mengandung gluten, terutama produk gandum yang tinggi akan serat mampu meningkatkan manfaat mikrobioma usus dan efeknya pada kesehatan.

(ren)

3 Hal Penting Pagi Hari Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
Mengecilkan perut.

Tips Mudah Pangkas Bobot Tubuh 5 Kilo Satu Bulan

Setelah makan malam Anda dapat melakukan beberapa latihan ringan.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016