Ini Empat Kiat Ampuh Melawan Demensia

Ilustrasi Alzheimer
Sumber :
  • istock

VIVA.co.id - Demensia, atau yang lebih dikenal dengan istilah pikun, atau lupa, adalah salah satu penyakit yang sangat sering terjadi pada lansia. Gejalanya, tak terlepas dari gaya hidup, yang dilakukan oleh penderita ketika muda.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Karena itu, hadapi demensia dengan beberapa kiat berikut, yang informasinya dilansir dari laman Daily Mail.
 
Aktif


Terjadinya demensia pada lansia, ditengarai karena penurunan fungsi otak yang drastis dan terus menerus. Hal ini bisa dicegah, dengan selalu aktif menggunakan otak, demi menjaga kestabilan kinerjanya. Anda bisa lakukan kegiatan seperti membaca, menulis, dan kegiatan lain yang bisa menstimulasi otak.

Pola makan

Mencegah demensia, akan makin optimal bila diiringi pola makan seimbang dan cerdas, yang bisa memberi banyak manfaat bagi kesehatan otak. Beberapa penelitian membuktikan bahwa melahap wortel, bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan otak, agar tetap sehat dan terhindar dari kepikunan.

Hentikan pekerjaan multitasking

Untuk memudahkan pekerjaan dan menghemat waktu, biasanya kita akan melakukan multitasking, atau melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu bersamaan. Namun, para ahli mengatakan melakukan multitasking bisa berbahaya bagi kesehatan otak, dan memberi efek samping seperti demensia, atau kepikunan.

Periksa gula darah

Kadar gula yang meninggi, khususnya pada usia 40- 50an, dapat meningkatkan risiko demensia. Untuk itu, segera periksakan tekanan darah Anda ke rumah sakut terdekat, agar demensia bisa ditangani segera. Dalam jangka panjang, tekanan darah juga bisa memberi risiko mengidap alzheimer. (asp)

Ilustrasi tempat tidur.

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

Salah satunya berbincang santai dengan adanya bumbu humor.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2017