8 Makanan Ini Tak Boleh Disimpan di Kulkas

Ilustrasi lemari es atau kulkas
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Lemari pendingin atau kulkas kerap dianggap sebagai tempat ideal untuk menyimpan makanan. Demi menjaga kesegaran atau membuat bahan makanan tahan lama.

Amankah Menyimpan Makanan Panas di Lemari Es?

Tak sedikit orang melakukannya karena dianggap praktis.  Namun, ternyata banyak yang tidak menyadari bahwa hal itu tidak berlaku untuk semua jenis bahan makanan.

Ada jenis makanan yang bisa disimpan di kulkas membuat kualitasnya turun bahkan rusak. Berikut ini delapan makanan, yang sebaiknya tidak Anda simpan dalam kulkas, seperti dilansir dari Boldsky.

1. Roti

Jika Anda tak suka menyantap roti dengan tekstur yang kering dan keras, Anda harus pastikan untuk tidak menyimpannya di lemari es. Alangkah baiknya untuk membeli dan mengonsumsi roti yang segar, daripada menyimpannya selama beberapa hari.

2. Bawang putih

Tahu kah Anda bahwa bawang putih bisa tumbuh atau bertunas, jika disimpan di lemari es? Untuk itu, cukup simpan bawang putih di rak dapur Anda.

3. Madu

Anda harus mengingat ini. Madu tidak perlu disimpan di lemari es, karena konsistensinya akan berubah dalam suhu dingin.

4. Bawang bombay

Bawang bombay harus disimpan jauh-jauh dari lingkungan yang lembab, karena dapat membuat bakteri berkembang biak pada bawang bombay.

5. Pisang

Pisang bisa lebih cepat matang jika disimpan di luar lemari es. Untuk itu Anda tak perlu menyesaki lemari es, dengan menyimpan buah pisang di dalamnya.

6. Minyak

Minyak akan berubah menjadi gumpalan keras jika membeku. Konsistensinya pun akan berubah, sehingga lebih baik tidak disimpan di dalam lemari es.

7. Kentang

Kentang mengandung pati atau zat tepung, sehingga suhu dingin bakal berdampak pada kualitas kentang. Jadi cukup simpan saja di lemari dapur.

8. Tomat

Kadar air dan cita rasa alami tomat akan berkurang di suhu dingin. Jadi sebaiknya segera keluarkan tomat, dari dalam kulkas Anda.

Inovasi Makanan Indonesia Beku yang Lezat dan Praktis

(mus)

Foto ilustrasi lemari es terbaru Samsung

Menanti Lemari Es Canggih Samsung di CES 2016

Lemari es terbaru Samsung punya layar besar dan kamera.

img_title
VIVA.co.id
5 Januari 2016