Waspada Bahaya Sengatan Matahari untuk Kulit

liburan pantai berjemur
Sumber :
VIVA.co.id
Daun Cabai Mampu Atasi Masalah Kulit
- Di samping manfaat baiknya, sinar matahari juga dipercaya bisa merusak kesehatan kulit, terutama sinar matahari yang muncul di tengah hari.

Tips Tetap Cantik saat Musim Hujan

Sinar matahari di siang hari banyak mengandung UV yang tentunya, ini sangatlah berbahaya untuk kesehatan kulit.
Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah


Ketika Anda menghabiskan sebagian besar waktu di luar ruangan dan di bawah sinar matahari, kulit Anda mungkin akan terbakar karena panas sinar matahari tersebut. Ini bisa menimbulkan efek buruk untuk kulit.


Jika efeknya ringan, Anda mungkin akan merasakannya hanya dalam beberapa hari, tetapi jika  terlalu lama berada di bawah sengatan sinar matahari, tentu kulit bisa terbakar.


Segera konsultasi ke dokter jika sengatan matahari merusak kulit. Sebagai antisipasi Anda pun sebaiknya perlu tahu efek buruk dan bahaya dari sengatan matahari seperti dilansir laman
Boldsky
.


Iritasi dan kemerahan

Tanda pertama yang akan Anda lihat saat menderita sengatan matahari adalah iritasi dan kemerahan pada kulit. Anda bahkan mungkin akan mengalami kulit lecet dan bengkak. Gejala lain seperti, sakit kepala, demam dan mual juga bisa terjadi.


Kadar sengatan

Jika kulit yang terbakar matahari masuk dalam kategori ringan, rasa sakit dan kemerahan pada kulit dapat diamati. Anda mungkin akan melihat efek tersebut setelah beberapa jam terkena paparan. Gejala-gejala ini dapat hilang dalam 3-4 hari.


Perih

Ketika Anda mengalami sengatan matahari dalam kategori sedang, Anda mungkin akan merasa kulit menjadi sakit atau perih. Kompres air dingin dapat membantu meredakan kulit yang terbakar dan bisa bertahan selama lebih dari 5-6 hari. Anda juga bisa menggunakan lidah buaya untuk meredakannya.


Melepuh


Jika sengatan matahari mengakibatkan kerusakan pada kulit yang parah, sebaiknya kunjungilah dokter. Gejala seperti melepuh, demam tinggi, dehidrasi dan sensasi yang menyakitkan pada kulit bisa dirasakan. Akan menghabiskan waktu hingga 15 hari dalam beberapa kasus untuk menyembuhkannya.


Keriput

Ahli kulit mengatakan bahwa sengatan matahari dapat mempengaruhi kulit dan menyebabkan keriput serta bintik-bintik, yang bisa berlangsung selama bertahun-tahun.


Pemakaian tabir surya

Bagaimana melindungi kulit dari sengatan matahari? Gunakan tabir surya karena dapat melindungi kulit Anda dari sengatan matahari dan juga kanker kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya